KOLABORASI GURU PPKN DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI TOLERANSI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Main Article Content

Ni Kadek Nindi Yuliasari
I Wayan Landrawan
Sukadi Sukadi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui beberapa metode yakni metode observasi, metode wawancara, serta metode dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan penulis, kemudian dianalisis. Adapun subjek dalam pnelitian ini adalah siswa, guru PPKn, serta orang tua siswa. Berdasarkan penelitian ini maka ditemukan hasil 1) Nilai toleransi pada siswa kelas VIII SMPN 4 Singaraja sudah diamalkan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan ketika siswa dapat menerima serta menghormati perbedaan yang ada di sekolah maupun dirumah. 2) Guru PPKn sangat berperan penting dalam penanaman nilai toleransi pada siswa, guru dapat menyelipkan penanaman nilai toleransi pada saat pembelajaran di dalam kelas berlangsung. 3) Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama sorang anak juga memiliki peran yang penting dalam proses penanaman nilai toleransi. Orang tua menanamkan nilai toleransi kepada anak selaku tokoh pendidik pertama dalam masa kanak- kanak. 4) Kolaborasi guru PPKn dan orang tua dilakukan dengan cara komunikasi serta koordinasi yang dilakukan melalui bertemu langsung atau melalui grup paguyuban yang ada. Kolaborasi ini sangat tepat dalam menanamkan nilai toleransi pada siswa sehingga siswa dapat memiliki rasa toleransi yang tinggi dalam menyikapi perbedaan yang ada.

Article Details

How to Cite
Yuliasari, N. K. N., Landrawan, I. W., & Sukadi, S. (2023). KOLABORASI GURU PPKN DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI TOLERANSI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Ganesha Civic Education Journal, 5(1), 26-30. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/5137
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>