STRATEGI PENANGANAN PERILAKU MENYIMPANG SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWAN

Main Article Content

I Putu Windu Mertha Sujana
Esther Hasanah
Ketut Siti Amerta Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor penyebab; (2) minat belajar; dan (3) strategi penanganan perilau menyimpang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian kualitatif melibatkan pengumpulan data berbagai sumber seperti wawancara, observasi, dokumen dan rekaman. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata Pelajaran PPKn dan guru agama hindu di SMP Negeri 1 Sawan. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor penyebab perilaku menyimpang yaitu melalui faktor eksternal (keluarga, masyarakat dan juga sekolah) dan internal (diri sendiri); (2) secara umum minat belajar siswa yang melakukan perilaku menyimpang sudah pasti menurun, dalam penurunan minat belajar siswa lebih banyak siswa yang mengalami penurunan minat belajar dari faktor keluarga dan lingkungan; (3) strategi yang dapat dilakukan untuk menangani perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa untuk meningkatkan minat belajar yaitu dengan cara melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada siswa yang mengalami penurunan minat belajar akibat perilaku menyimpang dan guru harus lebih kreatif didalam kelas dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis game agar siswa tidak bosan dan pembelajaran tidak monoton.

Article Details

How to Cite
Sujana, I. P. W. M., Hasanah, E., & Sari, K. S. A. (2025). STRATEGI PENANGANAN PERILAKU MENYIMPANG SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SAWAN. Ganesha Civic Education Journal, 7(1), 53-59. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/5006
Section
Articles