STRATEGI YANG RELEVAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN JENJANG SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Berbagai permasalahan kenakalan remaja yang terjadi di Indonesia perlu untuk diantisipasi, yaitu dimulai dari jenjang Sekolah Dasar. Pendidikan Kewarganegaraan dijadikan sebagai wahana psikologis-pedagogis utama. Tujuan penelitian adalah mampu menganalisis strategi yang relevan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan metode studi pustaka (library research), yaitu dengan mengumpulkan data-data penelitian melalui buku-buku, jurnal, surat kabar, majalah, berita elektronik, maupun sumber-sumber pustaka yang lain untuk mendukung kelengkapan data-data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang relevan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar adalah role playing. strategi ini dianggap siswa dapat memahami konsep Pendidikan Kewarganegaraan melalui pengalaman langsung yang didapatnya saat bermain peran. Diharapkan role playing dapat memacu minat dan motivasi siswa, sehingga meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Implikasi Penelitian ini dapat menjadi landasan bagi penelitian-penelitian selanjutnya di bidang pendidikan kewarganegaraan. Misalnya, studi lanjutan dapat mengeksplorasi efektivitas strategi yang direkomendasikan di berbagai konteks sekolah, mengukur dampak jangka panjangnya pada siswa, atau mengadaptasi strategi tersebut untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi.