CHARACTER EDUCATION AS AN EFFORT TO REDUCE THE RATE OF MENTAL DISEASE IN THE MILLENNIAL GENERATION
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu kegiatan orang yang mengajarkan karya baik untuk mendidik generasi penerus khususnya generasi milenial agar berfikir dan berperilaku, membentuk kesehatan mental dalam diri manusia secara permanen, serta mendidik kreativitas dan pengetahuan batin agar menjadi pedoman dan pilar masa depan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pendidikan karakter sejak usia dini hingga masa produktif khususnya generasi milenial agar dapat mengurangi penyakit mental. Metode: Metode penulisan artikel ini menggunakan kajian pustaka yaitu rangkuman dari 10 artikel dalam tahun terbit mulai dari tahun 2019, 2020, dan 2021 pada laman web pencarian, artikel, dan Google Scholar sesuai kata kunci. Kelayakan lembaga penelitian ini dilihat dari judul, abstrak, metodologi penelitian, hasil, dan pembahasan. Hasil: Kajian disajikan dalam bentuk narasi, dan hasil dari 10 artikel kajian tersebut menunjukkan beberapa penyebab terhadap kesehatan mental selama ini. Oleh karena itu pendidikan karakter sangat dibutuhkan sejak usia dini. Kesimpulan: Kesimpulannya, angka penyakit mental dapat dihilangkan dengan memberikan pendidikan karakter sejak dini sehingga pengetahuan tentang tindakan dan perilaku dapat membentuk mental generasi menjadi lebih kuat. Dengan demikian, pendidikan karakter menjadi solusi untuk mengurangi angka penyakit mental pada generasi milenial.