PANCASILA-BASED EDUCATIONAL CONTENT ON SOCIAL MEDIA AS AN EFFORT TO OVERCOME THE MORAL DEGRADATION OF THE MILLENNIAL GENERATION DURING PANDEMIC

Main Article Content

Duwi Adinda Prastiwi
Moses Glorino Rumambo Pandin

Abstract

Pandemi COVID-19 saat ini tengah menyerang Indonesia dan mendorong peningkatan konsumsi internet, khususnya media sosial. Kebebasan dalam mengakses informasi dapat memberikan dampak positif maupun negatif bagi generasi milenial. Salah satu dampak negatifnya adalah kemerosotan moral atau degradasi moral. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui cara mengatasi degradasi moral di kalangan generasi milenial melalui konten edukasi berbasis Pancasila. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan mencari artikel jurnal dari Google Scholar dan ebook dari tahun 2019 hingga 2021. Dengan menggabungkan beberapa kata kunci, penulis merumuskan beberapa pertanyaan penelitian: (a) apa itu milenial dan media sosial?, (b) bagaimana dampak media sosial terhadap karakter moral generasi milenial?, dan (c) bagaimana cara mengatasi degradasi moral di kalangan generasi milenial?. Berdasarkan analisis temuan penelitian, sepuluh jurnal memenuhi inklusi tinjauan berdasarkan konten penelitian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh degradasi moral generasi milenial sebagai dampak negatif dari penggunaan media sosial. Kesepuluh artikel yang terkumpul menunjukkan bahwa pembuatan konten edukasi dan informatif berbasis Pancasila dapat mengatasi degradasi moral di media sosial. Selain itu, literasi media juga dapat mengatasi degradasi moral.

Article Details

How to Cite
Prastiwi, D. A., & Pandin, M. G. R. (2023). PANCASILA-BASED EDUCATIONAL CONTENT ON SOCIAL MEDIA AS AN EFFORT TO OVERCOME THE MORAL DEGRADATION OF THE MILLENNIAL GENERATION DURING PANDEMIC. Ganesha Civic Education Journal, 5(2), 52-59. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/4911
Section
Articles