MILLENNIAL GENERATION INTERESTING FACTORS IN THE PROCESS OF DEVELOPING CHARACTERS OF PANCASILA DURING ONLINE LEARNING
Main Article Content
Abstract
Faktor Penentu Generasi Milenial dalam Menjalankan Negara dan Pendidikan Karakter yang Baik. Saat ini dilanda pandemi Covid-19, perubahan peraturan pemerintah yaitu menerapkan pembelajaran daring di rumah harus dilakukan oleh siswa. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui faktor penghambat generasi milenial dalam menjalankan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, baik dari siswa normal maupun abnormal. Metode: Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan Google Scholar dan Mendeley dengan batasan tahun 2019 sampai dengan 2021. Penelitian ini difokuskan pada kata kunci “generasi milenial”, “karakter”, dan “pembelajaran daring”. Hasil: diperoleh dari kesepuluh artikel bahwa hambatan yang dirasakan oleh generasi milenial secara signifikan mempengaruhi karakter diri mereka yang negatif. Kesimpulan: Generasi milenial memiliki hambatan yang sering mereka alami yaitu tidak memiliki smartphone, kuota internet terbatas, jaringan internet tidak stabil, teknologi kurang memadai, sarana dan prasarana kurang memadai, pemahaman IT minim, minat belajar kurang, lingkungan keluarga kurang mendukung, dan kurangnya pendampingan orang tua hingga dibutuhkan solusi baik dari pemerintah maupun pihak lain.