PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran yang dibuat harus dievaluasi atau dinilai terlebih dahulu untuk mengetahui apakah media pembelajaran tersebut dapat memenuhi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif yang valid dan praktis berbasis etnomatematika untuk siswa kelas X SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK. Instrumen yang digunakan adalah Instrumen Wawancara, Instrumen Untuk Mengukur Kevalidan, Instrumen Untuk Mengukur Kepraktisan dan Instrumen Untuk Mengukur Keefektivan. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan LKPD Interaktif Berbasis Etnomatematika ini. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental dengan melihat rata-rata hasil test belajar sebelum diberikan modul (pre-test) dan setelah diberikan modul (post-test) melalui gain-ternomalisasi. Produk LKPD Interaktif Berbasis Etnomatematika yang disusun telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan proses validasi Ahli. Hasil dari angket respon guru setelah dihitung menggunakan rumus kepraktisan adalah 92% dan angket respons siswa sebesar 89,9 % sehingga produk yang dihasilkan praktis digunakan. Hasil dari presentase siswa yang tuntas adalah 92.5%, maka LKPD Interaktif yang peneliti kembangkan berkriteria Sangat Efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK.
Article Details
References
Dinata, P. M., & Prihastari, E. B. (2021). Pemanfaatan LKPD Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Soal Cerita Peserta Didik Kelas III/B SDN 05 Kestalan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan …, 5, 138–148. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/115242
Lado, H., Muhsetyo, G., & Sisworo. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok untuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–9. http://journal.um.ac.id/index.php/pembelajaran-matematika/article/view/5560
Noviyana, H. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 44–54. https://media.neliti.com/media/publications/318907-pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-t-f34591dd.pdf
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870
Prianoto, A. D., Gulo, F., & Effendi. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Kimia Untuk Pembelajaran Struktur Atom Di Kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 88–96. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/download/8398/pdf
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Rabiah, S. (2015). Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzfsj
Rahmi, R., Hartini, S., & Wati, M. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 173–182. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i2.894
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Silvia, T. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Garis dan Sudut. In Skripsi. http://perpus.iainsalatiga.ac.id/lemari/fg/free/pdf/?file=http://perpus.iainsalatiga.ac.id/g/pdf/public/index.php/?pdf=10336/1
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. In PEDAGOGIA (PT Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI) (Vol. 1). http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39441/1/SUKIMAN - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN.pdf
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Widayanti, A. N. D., Fitrihidajati, H., & Fauzia, A. N. M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Pada Siswa Kelas VII. Pendidikan Sains, 4(03), 1–5.
Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.