EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI ANALITIK MEMANFAATKAN BAHAN AJAR DIGITAL MULTIMODAL

Main Article Content

A.A. Setyo
R. Layn
N.F. Trisnawati

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian adalah mahasiswa semester 4 program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sorong tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 10 mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran geometri analitik memanfaatkan bahan ajar digital multimodal. Teknik pengumpulan data adalah yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis keefektifan menggunakan uji N-Gain. Hasil analisis data observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan rata-rata sebesar 4,17 (84%) dengan kategori baik, dengan data aktivitas mahasiswa memiliki rata-rata 3,32 (66%) kategori baik, sedangkan persentase rata-rata N-Gain sebesar 75% dengan kategori cukup, Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran geometri analitik memanfaatkan bahan ajar digital multimodal cukup efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar mahasiswa.

Article Details

Section
Articles

References

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis multimedia pada materi segiempat. Algoritma: journal of mathematics education, 1(2).
Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery learning: penerapan dalam pembelajaran ipa berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jipva (jurnal pendidikan ipa veteran), 3(1), 87-99.
Layn, M., Setyo, A., & Musaad, F. (2022). Analisis Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Matematika secara Blended Learning Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 215-222.
Mulyono, Setyo, A.A., dan Trisnawati, N.F. 2020. Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. 8 (3) 411-422.
Masfingatin, T., Murtafiah, W., Krisdiana, I., Setyansah, R. K., & Susanti, V. D. (2021). Multimodal Model Melalui E-Learning Pada Mata Kuliah Geometri Bidang Di Masa Pandemi Covid 19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 73.
Nugroho, A. (2012). Pengembangan model pembelajaran jarak jauh berbasis web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72-78.
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Deepublish.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di sdit cendekia purwakarta. Jurnal pendidikan dasar, 11(1), 94-101.
Rejeki, L. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Digital pada Mata Pelajaran Matematika. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-12.
Setiawan, T, H.,& Aden, A. (20200. Efektivitas penerapan blended learning dalam upaya meningkatkan kemamppuan akademik mahasiswa melalui jejaring schoology dimasa pandemi covid-19. Jpmi (jurnal pembelajaran matematika inovatif), 3(5), 493-506.
Setyo, A. A., & Ba’diah, A. S. (2021). Transformasi geometri: teori, aplikasi & pemanfaatan teknologi (Vol. 1). Yudha English Gallery.
Setyo, A. A., Pomalato, S., Hulukati, E., & Machmud, T. (2022). PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS NETBOARD. ME DAN BOOKCREATOR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 530-537.
Suradnya, L. S. A., Suyanto, E., & Suana, W. (2016). Modul interaktif dengan program lcds untuk materi cahaya dan alat optik. Jurnal pembelajaran fisika, 4(2).
Sutini, S., Mohammad Mushofan, M. M., Anisa Dwi Yanti, A. D. Y., Annisa Nur Rizky, A. N. R., & Siti Lailiyah, S. L. (2020). Efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning madrasah terhadap optimalisasi pemahaman Matematika siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124-136.
Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-214.
Trisnawati, N. F., Fathurrahman, M., & Basna, D. M. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMP MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS GOOGLE MEET . Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 250-260.
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas pembelajaran statistika matematika melalui media whatsapp group ditinjau dari hasil belajar mahasiswa (masa pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74.