PENGEMBANGAN CONTEXTUAL LEARNING ACTIVITY STUDENT’S (CLAS) PADA MATERI POLINOMIAL UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Main Article Content

Y. Nurhayati
Supratman
D.V. Rahayu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang optimalnya kemampuan koneksi matematis siswa di salah satu sekolah jenjang SMA. Siswa merasa kesulitan dalam memahami materi polinomial karena bahan ajar yang digunakan belum dapat memfasilitasi siswa untuk mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis. Berhubungan dengan hal tersebut dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis. Tujuan dari penelitian untuk mengembangkan Contextual Learning Activity Student’s (CLAS) pada materi polinomial untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D, yaitu define, design, development dan disseminate. Subjek penelitian ini yaitu 24 siswa kelas XI MIPA. Pengumpulan data menggunakan angket wawancara, instrumen tes kemampuan koneksi matematis dan lembar validasi untuk mengukur validitas CLAS. Bahan ajar dalam penelitian ini merupakan Contextual Learning Activity Student’s (CLAS). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa CLAS yang dikembangkan dinyatakan valid dan memiliki efektifitas yang tinggi untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis.

Article Details

Section
Articles

References

Bakhril, M. S., Kartonoa, & Dewi. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(ISSN 2613-9189), 754–758. https://journal.unnes.a.id/sju/prisma/article/view/29263

Feladi, V., & Puspitasari, H. (2019). Analisis Profil Tpack Guru TIK SMA di Kecamatan Pontianak Kota. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 4(2), 204. https://doi.org/10.26418/jp.v4i2.29616

Fitriah, A., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Esteem Siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (4), 197–208. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/2852

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu. Journal On Education, 01(02), 309–316. https://doi.org/10.31004joe.v1i2.68

Kawakib, Y. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Pokok Bahasan Polinomial Pada Siswa Kelas Xi Sma N 1 Dander Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Bojonegoro). http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/77

Lestari, N., Zakiah, N. E., & Solihah, S. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sma Ditinjau Dari Self-Efficacy. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 93. https://doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6738

Lubis, R., Harahap, T., & Nasution, D. P. (2019). Pendekatan Open-Ended dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 399–410. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.576

Nasruddin, Chairuddin, Rinda, & Miftachurohmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Poleang. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 15–21. https://doi.org/10.32665/james.v5i1.377

Nasution, N. A., Rosiyanti, H., & Ismah, I. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 85. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.85-96

Nurhayati, Y., & Nimah, K. (2023). Analisis Resiliensi Matematis Siswa sebagai Self Assessment dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 233–246. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.10866

Nurhayati, Y., Zakiah, N. E., & Amam, A. (2020). Integrasi Contextual Teaching Learning (Ctl) Dengan Geogebra: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 27. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3349

Pratidiana, D., & Rosdianwinata, E. (2021). Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 14(1), 25–40. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/9337

Putri, V. W., & Suripah, S. (2021). Eksplorasi Hasil Penelitian Yang Terintegrasi Teknologi Informasi Dan Komputer (TIK) Dalam Pembelajaran Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 14(2), 208–222. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/21657

Widyanti, Zetriuslita, Suripah, & Qudsi, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 47–57. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16809

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424

Yusuf, A. A., Bito, N., Nurwan, N., & Zakaria, P. (2022). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.11028

Zainal, Z., & M, S. M. (2022). Penerapan MID Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SDN 61 Parepare . MES: Journal of Mathematics Education Anda Science, 4(1), 475–481. DOI:10.31932/j-pimat.v4i1.1679