PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI UNDAGI BALI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik e-modul berorientasi Undagi Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kuta Utara. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket respon siswa dan guru dan tes pemahaman konsep. Hasil uji validitas menunjukkan e-modul siswa dan modul petunjuk guru berada pada kategori sangat valid. Analisis kepraktisan e-modul menunjukkan e-modul berada pada kategori praktis. Analisis efektifitas produk menunjukkan e-modul yang dikembangkan efektif. Karakteristik e-modul siswa adalah (1) mengombinasikan model pembelajaran berbasis masalah dan pendekatan saintifik, (2) memanfaatkan etnomatematika Undagi Bali dalam pembelajaran pola bilangan. Karakteristik modul petunjuk guru yaitu (1) memuat tindakan antisipasi untuk meminimalisir masalah, (2) memuat masalah yang mungkin dialami siswa dan cara mengatasinya, (3) menyediakan alternatif penyelesaian masalah yang ada di e-modul siswa.
Article Details
References
Ardana, I. M., Ariawan, I. P. W., & Divayana, D. G. H. (2018). Budaya dalam Pembelajaran Matematika (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Ariyanti, S. N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematik. Journal on Education, 01(02), 9.
Ausubel, D. P. (2000). The Acquisition and Retention of Knowledge: A Cognitive View. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-015-9454-7
Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). 8.
Kehi, Y., Z. Zaenuri, M. & Waluya, B. (2019). Kontribusi Etnomatematika sebagai Masalah Kontekstual dalam Mengembangkan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 190-196. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28911
NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). LAPORAN HASIL UJIAN NASIONAL | KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!daya_serap!99&99&999!T&03&T&T&1&!1!&
Rizkianto, I., & Santosa, R. H. (2017). Analisis Buku Matematika Siswa SMP Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 229–236. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.310
Rizqi, M. (2019). Pengembangan Modul dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 330-336. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28947
Rusiman, M. S., Mohamad, M., Him, N. C., Kamardan, M. G., Othaman, S., Shamshuddin, M. H., Samah, M., & Aziz, N. (2017). The Use of Concrete Material in Teaching and Learning Mathematics. Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(8), 2170-2174. http://dx.doi.org/10.3923/jeasci.2017.2170.2174
Sadra, I. W. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas I Sekolah Dasar. UNESA.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171-176. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7521