PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKAPADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII

Main Article Content

S. Yulianti
A. Hidayat
Astuti

Abstract

Penelitian ini terinspirasi dari kurangnya keterampilan pemecahan masalah matematika yang ditunjukkan oleh siswa, seperti yang terlihat dalam prestasi akademik siswa kelas delapan di MTs Syekh Jaafar Pulau Gadang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana metode pendidikan matematika realistis (RME) memengaruhi keterampilan pemecahan masalah dalam matematika siswa kelas delapan di MTs Syekh Jaafar Pulau Gadang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-Eksperimental, dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Populasi penelitian terdiri dari semua siswa kelas delapan di MTs Syekh Jaafar Pulau Gadang, dengan Kelas VIII A sebagai kelompok kontrol dan Kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan Uji-T Sampel Independen dan Uji-N Gain, yang difasilitasi oleh SPSS versi 16. Dari analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak yang nyata pada kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang terlibat dengan pendekatan pendidikan matematika realistis (RME) dan siswa yang mengambil bagian dalam metode pembelajaran biasa di Kelas VIII MTs Syekh Jaafar Pulau Gadang, khususnya mengenai topik SPLDV.

Article Details

Section
Articles

References

Arsad B. S. (2011). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Berbantuan Media Rambat Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Diagram Batang Kelas V SD 1 Jepang. 12(1), 1–13.

Destiara, D., Handayani, H., & Setiawati, T. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Media Papan Berpaku (Geoboard) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Dan Persegi Panjang. Sebelas April Elementary Education (Saee), 2(3), 263–273. https://ejournal.lppmunsap.org/index.php/saee/article/view/1040

Faidah, N., Masykur, R., Andriani, S., & Haerlina, L. (2019). Realistic Mathematics Education (Rme) Sebagai Sebuah Pendekatan Pada Pengembangan Modul Matematika Berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 2(3), 328–332. Https://Doi.Org/10.24042/Ijsme.V2i3.4396

Gee, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Alur Belajar Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme). Jurnal Education And Development, 7(3), 269–277. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1267

Harahap, M. S. (2018). Matematis Dengan Penggunaan Bahan Ajar Rme ( Realistic Mathematic Education ). 3(2), 56–60.

Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Operasi Hitung Campuran Di Kelas Iv Sd It Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90–97. Https://Doi.Org/10.24815/Jdm.V4i1.8484

Murni, M. (2022). Realistic Mathematics Education (Rme) Dan Penerapannya Di Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Serambi Akademica, 10(3), 252–257. https://doi.org/10.32672/jsa.v10i3.4324

Rani Nur, D., Suryana, Y., Haki Pranata, O., Kunci, K., & Rme, Pendekatan. (2020). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sd. 7(4), 50–58. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26356

Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. Https://Doi.Org/10.30659/Pendas.6.2.116-23

Sari, S. M. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dengan Strategi Peta Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Pgmi Iain Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 53–59. Https://Doi.Org/10.33449/Jpmr.V4i1.7529

Sofyani, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SD. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Vol. 9, Issue 1, Pp. 1–14).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (Ed.)). Alfabeta.

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smpn 154 Jakarta. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115. Https://Doi.Org/10.30998/Jkpm.V3i2.2260

Tantra, S. A. M., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) (Improving Students’ Mathematic Problem Solving Ability Through Realistic Mathematics Education (Rme)). Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, Dan Komputasi, 587–600.