ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI GEOMETRI RUANG

Main Article Content

W. Ellissi
P.J. Intan

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan konsep mahasiswa di daerah pedalaman pada materi Geometri Ruang dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diteliti adalah mahasiswa semester 2 jurusan pendidikan matematika STKIP Pamane Talino yang berjumlah 18 orang mahasiswa. Data dikumpul menggunakan hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 12 mahasiswa mampu menggunakan dan memilih prosedur untuk menghitung luas permukaan gabungan bangun ruang; (2) terdapat 7 mahasiswa mampu menggunakan dan memilih prosedur untuk menghitung volume gabungan bangun ruang; (3) terdapat 4 mahasiswa mampu menggunakan konsep luas permukaan tabung dalam pemecahan masalah.

Article Details

Section
Articles

References

Annur, M.F., Hermansyah. 2020. Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195-201.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
De Jong, T., & Ferguson-Hessler, M. (1996). Types and qualities of knowledge. Educational Psychologist, 31(2), 105-113.
Ghazali. N. H. C dan Zakaria .E. 2011. Students' Procedural and Conceptual Understanding of Mathematics. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(7): 684-691.
Hafizah, Nasution dan Jamaan. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Pada jurnal Edukasi dan penelitian matematika, 7(1).
Hamzah B Uno. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jarmita, N. 2013. Analisis Penguasaan Konsep dan Kesulitan Materi Matematika dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Mahasiswa PGMI. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika (
National Council of Teachers Mathematics. (2000). Principles and Standar for Mathematics.NCTM: Resto VA.
Septriani, Nicke, I., & Meira. 2014. Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 17–21.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Yanti, R.A., Nindiasari, H., Ihsanudin. 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3).