ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN

Main Article Content

P.Y. Antara
I.G.P. Sudiarta
G. Suweken

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Pelangi Dharma Nusantara 2020/2021, melibatkan 15 subjek penelitian.Teknik pengumpulan data ialah tes, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisis kesalahan menggunakan pendekatan Watson-Newman. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan dalam menyelesaiakan soal cerita pecahan yaitu siswa tidak mampu membedakan antara pecahan biasa, campuran, desimal. Kesalahan siswa diantaranya kesalahan memahami masalah : 95%, kesalahan penulisan jawaban akhir : 88%, data hilang : 33%, prosedur tidak tepat : 25%, kesalahan pemakaian pecahan :10 %, manipulasi tidak langsung : 7%, tidak menjawab soal : 2%. Faktor penyebabnya meliputi: tidak mampu menerjemahkan soal cerita pecahan dan membedakan jenis pecahan, tidak paham konsep operasi pecahan, dan tidak teliti menjawab soal. Solusinya ialah menguatkan pemahaman konsep siswa diantaranya pecahan biasa, campuran, desimal serta mengaitakan konsep-konsep relevan yang telah dipelajari oleh siswa sehingga dapat menyelesaikan permasalahan terkait dengan konsep pecahan.

Article Details

Section
Articles

References

Hidayat, Nurrohmah. 2016. Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Mts Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Diakses pada 10 Januari 2021.
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Kurniawan, Ety. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pada Materi Bilangan Pecahan Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol 5, No 3.
Lusiana. 2018. Penggunaan metode Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Pertiwi Teladan Metro Pusat Tahun Pelajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri.
NCTM. 2000. Principles and Standars for school Mathematics. Reston: VA:NCTM.
Nuriyah, Fajar. 2015. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Persamaan dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Wonosari Tahun 2015. Diakses pada 10 Januari 2021.
OECD. 2018. Programme for International Student Assessment (PISA). Diakses dari http://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf pada tanggal 6 September 2020.
Sudiarta. 2006. Perspektif Baru Penelitian Pendidikan Matematika. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Suciati & Wahyuni. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Pada Kelas V SDN Pengawu. Universitas Alkhairaat.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.