Hubungan Motivasi Belajar, Pemanfaatan Media Teknologi Informasi, dan Komunikasi Pembelajaran Terhadap Pencapaian Pembelajaran IPA

  • M.A. Santika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Media TIK, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui adanya hubungan antara motivasi belajar siswa dan pemanfaatan media teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Gugus II Kuta. Penelitian ini tergolong jenis penelitian expost facto. Tujuh puluh delapan (78) orang menjadi sampel penelitian ini yang dipilih secara acak dari populasi berjumlah 262 orang. Tes hasil belajar digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar. Di sisi lain, kuisioner motivasi dan pemanfaatan media TIK untuk mendapatkan data hasil belajar serta pemanfaatan media TIK digunakan untuk mendapatkan data motivasi belajar siswa dan data pemanfaatan media TIK. Teknik analisis data menggunakan ANAREG. Hasil penelitian memberikan sebuah pembuktian bahwasanya ada: (a) hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Tahun Pelajaran 2020/2021, yaitu sebesar 15% dengan rxly = 0.38.; (b) hubungan signifikan antara pengusaha pemanfaatan media TIK dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Tahun Pelajaran 2020/2021, yaitu sebesar 53% dengan rx2y = 0.72; dan (c) hubungan signifikan antara motivasi belajar dan Pemanfaatan media TIK dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Tahun Pelajaran 2020/2021, yaitu sebesar 68% dengan rx2y = 0.82.

 

Referensi

Albirini, A. 2016. Teachers’ attitudes toward information and communication technologies: The case of Syrian EFL teachers. Computers & Education, 47(4), 373-398.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.

Arikunto, Suharsimi.2012. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), (Jakarta: Rineka Cipta,

Grabe, M., & Grabe, C. 2017. Integrating technology for meaningful learning (5th ed.). Boston, MA: Houghton Mifflin.

Gregory, R.J. 2012. Psychological Testing. History, Principles and Aplication. United States of America: Allyn & Bacon, Inc.

Halidi, H. M., Husanin, S. N., & Saehana, S. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan hasil evaluasi belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. E-Jurnal Mitra Sains , Vol 3. No.1 Hal.53-60.

Koyan 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja; Undiksha.

Munir. 2019. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Murphy, C. 2016. The impact of ICT on primary science. In P. Warwick, E. Wilson & M.

Riduwan. 2012. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Samatowa, Usman. 2012. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta : PT. Indeks.

Sansoni, J. E.2011. Questionnaire design and systematic literature reviews. The University of Canberra,1-67.

Sardiman A.M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sardiman. 2018. Interaktif dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta :PT. Radjagrafindo Perseda

Suardani, Luh., Natajaya, I., dan Sunu, I Gusti Ketut Arya. 2019. Kontribusi Praktik Kerja Industri (Prakerin), Disiplin Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap hasil evaluasi belajar Tata Graha Siswa Kelas XII Jurusan Perhotelan di SMK Negeri 2 Singaraja. JOUR. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. VL - 10. P 12.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana.2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,

Sukardi. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Taufiqurokhman. 2011. Kebijakan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. (www.ict-prisma.com, diakses tanggal 29 Juni 2020).

Uno, H.B. 2018. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widarto. 2013. Penelitian Ex Post Facto. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Winarsunu.2012. Statistik dalam penelitian Psikologi Pendidikan. Malang: UMM Press

Diterbitkan
2021-12-30
Bagian
Articles