Pengaruh Optimalisasi Pelayanan dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Karyawan dalam Mengukur Kepuasan Kinerja pada Tenaga Pendidikan di UPT Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Optimalisasi Pelayanan, Motivasi Kerja, dan Disiplin Pegawai dalam Mengukur Kepuasan Kinerja Tenaga Kependidikan di UPT dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur. Studi kasus ini dilakukan di delapan belas kabupaten dan dua puluh UPT dan satu dinas pendidikan di Kabupaten Kutai Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan regresi berganda. Sampel penelitian ini sebanyak 102 responden dari 459 populasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan baik secara parsial maupun simultan antara variabel Optimalisasi Pelayanan, Motivasi Kerja dan Disiplin Pegawai dalam Mengukur Kepuasan Kinerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di UPT dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa semakin baik suatu pelayanan maka semakin banyak tenaga kependidikan yang merasa lebih puas dalam bekerja (1), Semakin tinggi motivasi kerja maka akan semakin puas dalam bekerja (2), Semakin disiplin pegawai dalam melaksanakan tugas yang berlaku maka akan semakin puas dalam bekerja (3), Semakin optimal pelayanan, semakin kuat motivasi kerja, dan semakin patuh pegawai melaksanakan disiplin kerja maka akan semakin meningkatkan kepuasan kinerja bersama tenaga kependidikan sehingga pelayanan semakin baik
Referensi
Abidin, N.”Pengaruh Kepuasan, Motivasi, dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah.” Tesis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2010.
Admin SPSS Statistik.”Uji Linieritas Dengan SPSS Statistik.” http://www.spssstatistik.com,2017.(diakses 13 April 2018)
Colquitt/LePine/Wesson, Organisational Behavior; Improving Performance and Commitment in the Workplace, Mc.Graw-Hill International Edition. The New York, Americans.2009 and Copyright 2011.
Efendra, Gino.”Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Martadinata Kota Bandung”,Skripsi, Universitas Pasuruan,2017. (diakses 20 Januari 2018)
Fahmi, Irham. Manajemen Kepemimpinan Teori & Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
Gary Yukl, “ Kepemimpinan Dalam Organisasi,’ State University of New York at Albany, PT. Indeks, Jakarta,2010.
Gering Supriyadi dan Tri Guno. ”Budaya Kerja Organisasi Pemerintahan.”Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia Edisi Revisi II, 2003.
Gusti, Messa Media.” Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Kerja, Dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Purworejo Pasca Sertifikasi.” Jurnal Penelitian, Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
Indrawati, Aniek. ”Pengaruh Kualitas Layanan Lembaga Pendidikan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Ekonomi Bisnis TH. 16 No.1 (2011), http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/4-Aniek-Indrawati.pdf (diakses 30 November 2016).
Jumriati, Suryadi, Sjamsir, Hasbi. The influence of supervision, social skills and professional skills that teachers have on the performance of teachers in implementing learning. 2018. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/ijer
Kris Diana Devi, Eva. Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan Outsourcing PT. Semeru Karya Buana Semarang.”Tesis, Universitas Diponegoro.2013.
James R.Evans, ”TOTAL QUALITY, Manajemen, Organization, and Strategy.4th Edition, Thomson South Western. Copyright 2005.
Joe Girard, The Word’s Greatest Salesman’ 13 Aturan Penting Dalam Penjualan. Inilah Caranya Meraih Keberhasilan Dalam Karier dan Bisnis Sekaligus Tampil Menjadi Pribadi Yang Hebat. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta: Mei 2016.
Junaidi, Achmad. ”Himpunan Aturan Kepegawaian Seri 2”. Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur, 2010.
Kasmaboti. ”Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah, Lingkungan, Dan Motivasi Kerja Terhadap Mutu Pelayanan Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Se Kabupaten Kutai Kartanegara.”Disertasi, Universitas Negeri Jakarta, 2014.
L.R.Gay,Geoffrey E. Mills, Peter Airasian, “Educational Research’ Competencies for Analysis and Applications, Merritt Is an imprint of PEARSON Upper Saddle River New Jersey Columbus, Ohio.Copyright 2009.
Mahmudi. ”Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta:Unit Penerbit Dan Percetakan STIM YKPN, 2015.
Mandasari, Widha.Upaya Peningkatan Kinerja Karyawan Operasional Melalui Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja (Studi Kasus Pada Lembaga Penyiaran Publik RRI Semarang).”Skripsi, Universitas Dian
Masyjui, Isnan.” Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kantor Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Grobongan.” Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2005.
Moenir, H.A.S. “Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta:Bumi Aksara, 2000.
Amelia dan Sugiono. ”Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Kursus di Lembaga Bimbingan Belajar (Studi Pada Siswa SMA Lembaga Bimbingan Belajar IPIEMS Cabang Banyumanik Semarang).” Jurnal (2012), http://eprints.undip.ac.id/35628/1/JURNAL_(MIRA_AMELIA_C2A008212).pdf (diakses 30 November 2016).
Nez, Alif Laela. ”Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan Melalui Model MBS.” Jurnal Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan (2013). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php.html (diakses 2 Desember 2016).
Noor, Juliansyah. Penelitian Ilmu Manajemen : Tinjauan Filosofis dan Praktis. Jakarta:Pena Media Group, 2013.
Prawatya, Dipta Adi.” Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pabrik Minyak Kayu Putih (PMKP) Di Krai Purwodadi.” Skripsi, Universitas Diponegoro, 2012.
Priyanto. ”Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri Di Kutai Kartanegara. ”Disertasi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Ridho, Muhammad Rasid. “Cara Membaca Coefficients Table SPSS Untuk Membuat Persamaan Regresi.” artikel (2015), https://emerer.com (diakses 13 April 2018)
Rahmayanty, Nina. Manajemen Pelayana Prima : Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyality. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Ratna, Sari. ”Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Pegawai Di UPT Puskesmas Sindang Jaya Kota Bandung.” Thesis, Universitas Pasuruan, 2017 (diakses 20 Januari 2018)
Reza, Regina Aditya. ”Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sinar Sentosa Perkasa Banjarnegara.” Skripsi, Universitas Diponegoro Semarang, 2010.
Rohmaliah. ”Analisis Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Guru SMP, MTs, dan MA Takhassus Al-Quran Demak.” Skripsi, Universitas Diponegoro Semarang, 2014.
Salim, Nur Agus. ”Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Kompensasi Finansial dan Non Finansial Manajemen Konflik, Pengambilan Keputusan Terhadap Efektivitas Pengelolaan Sekolah Dasar (SD) Di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. ”Disertasi, Universitas Mulawarman, 2017.
Saraka. ”Buku Pedoman Penulisan Disertasi Program Doktor Universitas Mulawarman.”
Setiawan, Agung. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhn Malang.”Skripsi, Universitas Negeri Surabaya, 2013.
Setyaji, Aditya M. ”Pelajari Dulu Wajah Pendidikan.” PSMKGI.org, http://psmkgi.org/pelajari-dulu-wajah-pendidikan/ (diakses 2 Desember 2016).
Siti Musdah Mulia, Prof. Dr., MA., APU. “Menuju Politik Perempuan“ Upaya Mengakhiri Depolitisasi Perempuan di Indonesia, Kibar Press Sleman Yogyakarta: 2008.
Sudadi. ”Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kecerdasan Emosional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru SMP Negeri Di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. ”Disertasi, Universitas Negeri Jakarta, 2014.
Suhaimi, Akbar, Ma’ruf, Sjamsir, Hasbi. The Effect of Pedagogical Competence, Attitude Towards Profession And Motivation on Teachers Performance. ICTES 2018, November 21-22, Bali, Indonesia. Publisher: EAI. http://dx.doi.org/10.4108/eai.21-11-2018.2282241.
Sukmadinata, Nana Syaodih. ”Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Memberikan Deskripsi, Eksplanansi, Prediksi, Inovasi, dan Juga Dasar-Dasar Teoritis bagi Pengembangan Pendidikan. Bandung:Rosda.2012.
Sugiyono. ”Materi Workshop International Metode Penelitian. 2018.
................”Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.2009.
................”Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung:Alfabeta.2017.
................”Metode Penelitian Kebijakan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombunasi R&D dan Penelitian Evaluasi. Bandung:Alfabeta.2017.
.................”Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.2015.
Sutopo dan Adi Suryanto. Pelayanan Prima ”Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan III Edisi Revisi II”. Lembaga Administrasi Negara, 2006.
Syafi’i M., Optimalisasi Pemblajaran Melalui Integrasi Keterampilan Dasar Mengajar. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/religi. Diakses tanggal 13 April 2018.
Taman, Abdullah et al. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.” Jurnal Nominal Volume.II.(2013), http://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/viewFile/1651/1375. (diakses 30 November 2016).
Timpe, A.Dale. ”Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Memotivasi Pegawai. Jakarta : PT. Alex Media Komputindo.2000.
Trihendradi.C. ”Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta : Andi Offset.2012.
Ulfa, M. ”Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota.” Karya Tulis Ilmiah, Universitas Sumatera Utara, 2011.com
Ulwan, M Nashihun. ”Cara Membaca atau Melihat Tabel T.” 2014. http://www.portal-statistik.com. (diakses 13 April 2018)
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang “Sistem Pendidikan Nasional Pasal , Ayat 1.
Utama, Agung dkk.Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit Umum Cakra Husada Klaten. “ISSN 1693 — 2102 OPSI, Vol. 1, No. 2, Desember 2003: 96 - 110. 2003.
Wardan, Khusnul. “Motivasi Kerja Guru.” Yogyakarta: Interpena, 2011.
Walter R. Borg Meredith D. Gall, ” Educational Research An Introduction.” Longman New York & London.Copyright 1983.