Administrasi Kurikulum Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren Islamic Center Binbaz Yogyakarta
Abstrak
Menghafal Al-Qur’an bukanlah tugas dan perkara yang mudah, namun dengan administrasi kurikulum yang baik dan terstruktur dapat membantu para penghafal Al-Quan dalam memudahkan proses menghafal dengan baik dan cepat sehingga proses menghafal 30 juz tidak terasa memberatkan. Pesantrean Kampus Islamic Center Bin Baz sebagai pesantrean kampus yang baru di tahun 2021-2022 sudah mampu menghasilkan 8 (delapan) hafidzhoh 30 juz, peneliti ingin mengetahui secara mendalam bagaimana manajeman pembelajaran tahfidzul Qur`an di Pesantrean Kampus Islamic Center Bin Baz. Metode penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan pengambilan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah admisnistrasi kurikulum pembelajaran tahfidzul Qur`an mengunakan empat tahapan manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan, kontroling dan evaluasi. Kunci dari keberhasilan dari pembelajaran tahfidzhul quran adalah pertama; perencanaan yang detail yaitu menyiapkan sistem yang baku, menyiapkan kordinator tahfidz, pengampu tahfidz yang berkompeten, membuat visi, misi, program kerja harian, minguan, semesteran dan tahunan, program mahasiswi, kurikulum dan sebagainya secara rinci dan detail. Kedua; pelaksanaan dan kontroling yaitu melaksanakan program-program yang sudah di tentukan sesuai dengan hasil data placement test kemampuan menghafal, jumlah hafalan, dan kualitas bacaan. Kegiatan pembelajaran Al-Quran disesuaikan dengan target dan program yang sudah ditentukan. Kontroling dilakukan oleh bagian tahfidz dan semua prodi dan akademik Ketiga: evaluasi, evaluasi di lakukan baik manual dan online baik harian, minguan, bulanan, semesteran dan tahunan.
Referensi
Akbar, A., & Hidayatullah, H. (2016). Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 91. https://doi.org/10.24014/jush.v24i1.1517
Nidhom, K. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an dalam Mencetak Generasi Qur’ani (Studi Kasus Program Intensif Tahfizhul Qur’an di Institut Daarul Qur’an). Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.83-102
Nur, M., & Ibrahim, S. (2016). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Sdn Dayah Guci Kabupaten Pidie. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 11(1), 93.
Riduan, M., Maufur, M., & Abdurakhman, O. (2016). Manajemen Program Tahfizhl Alquran Pada Pondok Pesantren Modern Program Management Memorizing the Quran At Islamic Boarding School. 5(1), 4.
Rounaqun, N. A. (2021). Manajemen Program Unggulan Tahfidz Qur’an Di Mi Nurul Huda Karangkandri Cilacap. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/11932/%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/11932/2/ROUNAQUN NA%27MA_MANAJEMEN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ QUR%27AN DI MI NURUL HUDA KARANGKANDRI CILACAP.pdf
Shobirin, M., & Pd, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur ’ an dalam Penanaman Karakter Islami IAIN Kudus , Kudus , Indonesia. Quality, 6, 16–30.
Sri Wahyuni Machmud, Rivai Bolotio, A. I. (2021). Efektivitas Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al- Qur ’ an Di Pondok Pesantren El-Madinah Wahdah Islamiyah Gorontalo Sri Wahyuni Machmud. 03, 1–18.