Manajemen Diri Guru Penggerak Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kuta Utara

  • N.N.A.P. Wardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
  • D.G.H. Divayana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: manajemen diri, guru penggerak, motivasi belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen diri guru penggerak dalam meningkatkan motivasi belajar peserata didik di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui secara langsung fenomena yang terjadi di lapangan terkait manajemen diri guru penggerak sehingga informasi yang diperoleh faktual dan akurat. Populasi penelitian ini adalah guru penggerak di SMAN 1 Kuta Utara, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasidari data primer dan data sekunder. Teknik analisis data dilakukan hingga data jenuh yaitu jika tidak ada informasi lain atau sudah sama baik data dari informan yang sama maupun informan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengetahui tujuan pekerjaan sebagai pendidik yakni bukan hanya dengan cara mendidik tetapi juga membangun karakter, menuntun kodrat, minat dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik, 2) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan melakukan pengembangan diri melalui pendidikan dan pelatihan (diklat), melakukan literasi baca buku dan jurnal, serta meningkatkan komptensi dibidang teknologi,3) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengolah kecerdasan emosional melalui aktivitas menenangkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran di kelas dan juga melakukan pendekatan personal bagi peserta didik yang memiliki kendala dalam pembelajaran, 4) Manajemen diri guru penggerak meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan mengelola waktu melalui pembuatan list waktu dan menggunakan metode berkelompok dalam proses pembelajaran.

Referensi

Abdillah, L. (2020). Human Capital Management. Yayasan Kita Menulis.
Afni, N., & Jumrah, abrina M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Manajemen Kelas Siswa di SDN Panaikang 1 Kota Makassar. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 279–286. https://www.researchgate.net/publication /339126783_Pengaruh_Motivasi_Belajar_Terhadap_Ketuntasan_Belajar_Sains_Melalui_Pelaksanaan_Program_Pembelajaran_Retrieval_Remedial_Murid_Sd_Di_Kota_Makassar
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Damanik, B. E. (2018). Pengaruh Motivasi dan Pengembangan Diri Terhadap Prestasi Kerja Dosen. Jurnal EK & BI Politeknik Bisnis Indonesia, 1(2), 11–21. http://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/42
Dewi, W. C. (2019). Kontribusi Manajemen Waktu, Lingkungan di Rumah, dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 300. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.4908
Emda, A. (2017). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Lantanida, 5(2), 93–196. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/2838/2064
Helaludin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.Online e-Book. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_Data_Kualitatif_Sebuah_Tinjauan/lf7ADwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=analisis+data&printsec=frontcover
Kemdikbud, R. (2022). Merdeka Belajar Episode 19: Rapor Pendidikan Indonesia. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=NbD96YWKh84
Maitrianti, C. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Intrapersonal Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/8709
Nurwijaya, S. (2019). Hubungan Manajemen Diri Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Watampone Kabupaten Bone. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 88–102. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.178
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.
Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2020). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di Smp Araisiyah. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 84. https://doi.org/10.32493/abmas.v1i1.p84-91.y2019
Prasetya, A. F., & Sonny, G. I. M. (2018). Mengelola Emosi. Yogyakarta: K- Media.
Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98–107. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981
Sari, L. N. (2018). Pengaruh Manajemen Diri Dan Kontrol Diri Terhadap Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 1–12. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/14009
Sunu, I. G. K. A. (2015). Manajemen Kelas. Singaraja: Media Akademi.
Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen Waktu Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81–94. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/ass ibyan/article/view/2939
Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Articles