Evaluasi Sistem Penggunaan DAK Nonfisik Kesetaraan Tahun 2021 Pada Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Jembrana

  • G.A.P.W.P. Lestari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.P.W. Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: evaluasi, sistem DAK, CIPP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui efektifitas sistem penggunaan DAK nonfisik kesetaraan tahun angaran 2021 pada satuan pendidikan nonformal kabupaten Jembrana ditinjau dari komponen context;  2) mengetahui efektifitas sistem penggunaan DAK ditinjau dari komponen input; 3) mengetahui efektifitas sistem penggunaan DAK ditinjau dari komponen proses; 4) mengetahui efektifitas sistem penggunaan DAK ditinjau dari komponen product; 5) mengetahui efektifitas sistem penggunaan DAK secara bersama sama pada context, input, process, product; dan 6) mengetahui kendala-kendala dalam sistem penggunaan DAK nonfisik kesetaraan tahun angaran 2021 pada satuan pendidikan nonformal kabupaten Jembrana. Penelitian dilakukan di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Jembrana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian evaluasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua tenaga pendidik dan kependidikan yang berjumlah 20 orang. Sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua jumlah populasi. Data dikumpulkan dengan mempergunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengubah skor mentah kedalam skor Z (z-skor) dilanjutkan ke arah skor T kemudian di konversikan ke dalam kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas sistem penggunaan DAK nonfisik kesetaraan tahun angaran 2021 pada satuan pendidikan nonformal kabupaten Jembrana ditinjau dari conteks diperoleh hasil kurang efektif (-), efektifitas sistem penggunaan DAK ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), efektifitas sistem penggunaan DAK ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+), efektifitas sistem penggunaan DAK ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+). Secara keseluruhan evaluasi variabel context, input, process, dan product pada sistem penggunaan DAK tergolong efektif ( - + + +)

Referensi

Agung, A. A. G., & Koyan, I. W. (2016). Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). Universitas Pendidikan Ganesha.
Perturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasioanal Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan, Pub. L. No. 9 (2021).
Ningsih, E. S. (2017). Evaluasi Program Paket C Di Pkbm Delima Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Evaluation Program Of Package C In The Center Of Learning Activities ( Pkbm ) Delima In Tugumulyo District , Musi Rawas Regency. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 2(2), 224–241. https://doi.org/10.22236/JPPP
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model How to Evaluate for Improvement and Accountability. The Guilford Press.
Sudijono, A. (2011). Evaluasi Pedidikan. Raja Grafindo Persada.
Sumeyasa, I. N. (n.d.). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Di Sekolah Model Kabupaten Tabanan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Penebel). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3409
Suryana, & Alma, N. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 3(1), 12–21. https://doi.org/10.37058/jpls.v3i1.1613
Sutrisna, Y. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Penggunaan Bantuan Operasional Sekolah Daerah Tahun Anggaran 2020 Dengan Model CIPP (Studi Kasus Pada SMK Negeri Se-Kota Denpasar). E-Journal Undiksha, 2(1), 1–16. https://repo.undiksha.ac.id/7964/
Tamsir. (2020). Efektivitas Pengelolaan Anggaran Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKMB) Taman Pendidikan di Kelurahan Tapa Kecamatan Sipatana Gorontalo. Jurnal AkMen, 17(3), 21–31. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/1009
Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Articles