Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional, Gaya Komunikasi, Etos Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Tejakula
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mendeskripsikan hubungan signifikan yang positif antara gaya kepemimpinan transformasional dengan kinerja guru di SMK Negeri 1 Tejakula, 2) mengetahui dan mendeskripsikan hubungan yang signifikan positif antara gaya komunikasi kepala sekolah dengan kinerja guru di SMK Negeri 1 Tejakula, 3) mengetahui dan mendeskripsikan hubungan yang signifikan positif antara etos kerja dengan kinerja guru di SMK Negeri 1 Tejakula, 4) mengetahui dan mendeskripsikan hubungan yang signifikan positif antara motivasi kerja dengan kinerja guru di SMK Negeri 1 Tejakula, 5) mengetahui dan mendeskripsikan secara simultan apakah terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan transfromasional, gaya komunikasi, etos kerja dan motivasi kerja dengan kinerja guru di SMK Negeri 1 Tejakula. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMK Negeri 1 Tejakula, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng yang berjumlah 50 orang, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah formula Kreje dan Morgan tersebut, jumlah sampel untuk populasi 50 adalah 44. Metode pengumpulan data menggunakan dokumen dan kuisioner. Teknik analisis data dilakukan teknik analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) gaya kepemimpinan transformasional kepala seekolah berkorelasi secara signifikan terhadap kinerjaa guru dengan korelasi sebesar 57,7%, (2) gaya komunikasi berkorelasi secara signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 71,0%, (3) etos kerja berkorelasi secara signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 75,5%, (4) motivasi kerja berkorelasi secara signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 49,7% dan (5) gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, gaya komunikasi, etos kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama berkorelasi secara signifikan terhadap kinerja guru dengan korelasi sebesar 85,2%.
Referensi
Gunawan, G. P. (2012). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pelaksanaan Supervisi Pengajaran, Tingkat Kematangan Guru, Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Negeri Di Kabupaten Gianyar. 2012.
Hasibuan, & S.P, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Hersey, P., & H, B. K. (1986). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Pener-jemah Agus Dharma. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.
Indrawati. (2019). Korelasi antara Persepsi kepala Sekolah Terhadap Jabatannya, gaya Komunikasi, dan motivasi berprestasi denganEfektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Tesis. Program Studi Pasca Sarjana Universitas Ganesha.
Karwanto, & Eva, M. Q. (2020). Motivasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(4), 271–284. https://doi.org/10.47783/ literasiologi.v3i4.122
Karya, I. W., Suhandana, I. G. A., & Yudana, M. (2018). Konstribusi Kompetensi Guru, Sikap Profesi Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sukawati. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).
Kusnan, A. (2014). Analisis Sikap Iklim Organisasi, Etos Kerja dan Disiplin Kerja Dalam Menentukan Efektivitas Kinerja Organisasi di Garnisun Tetap III Surabaya. Universitas Airlangga Surabaya.
Mangkunegara, A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2003). Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Cetakan Pertama. Gadjah Mada University Press.
Simamora. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Wahjosumidjo. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widnyana, A. (2020). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah,Disiplin kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru PNSdi SDNegeri Se Gugus II Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. Tesis Program Pasca Sarjana UniversitasPendidikan Ganesha.