Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Tejakula

  • K.Y. Artawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.G. Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: gaya kepemimpinan transformasional, gaya komunikasi, etos kerja, motivasi kerja, kinerja guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran hubungan variabel gaya kepemimpinan tranformasional  kepala sekolah, gaya komunikasi, etos kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 2 Tejakula . Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan rancangan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 50 orang. Sampel penelitian penelitian ini berjumlah 44 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tentang variabel gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, gaya komunikasi, etos kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis korelasi, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 57,7%, (2) terdapat hubungan gaya komunikasi terhadap kinerja guru sebesar 71,0%, (3) terdapat hubungan etos  kerja terhadap kinerja guru sebesar 75,5%, (4) terdapat hubungan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 49,7%, dan (5) terdapat hubungan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, gaya komunikasi, etos kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama berkorelasi secara signifikan terhadap kinerja guru dengan korelasi sebesar 85,2%.

Referensi

Agung, A. A. G. (2017). Evaluasi Pendidikan (4th ed.). Universitas Pendidikan Ganesha.
Aisha, K. (2015). Organization Commitment Of Employees In Relation To Job Involvement and Job Satifaction. IJMSS, 3(2), 12–21. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/f psyg.2018.00132/full
Anwar. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (studi pada karyawan perusahaan daerah air minum PDAM Kota Malang). Jurnal Universitas Brawijaya, 12(2), 1–10. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/i ndex.php/jab/article/view/98
Buchari, Z. (1989). Manajemen dan Motivasi. Balai Aksara.
Dharsana, I. K., Sudarsana, G. N., Suarni, N. K., Paramartha, W. E., Tirka, I. W., & Rismawan, K. S. G. (2019). Cognitive Counseling with Reframing Techniques to Intervene in Self Aggression. Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019), 2(3), 62–64. https://dx.doi.org/10.2991/icet-19.2019.15
Gorton, R. . (1976). School Administration Challenge and Opportunity For Leadershi. Wm. C. Brown.
Hasibuan, & S.P, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Japa. (2018). Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru Pembimbing pada SMP Negeri di Kabupaten Karangasem. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 24–30.
Kusnan, A. (2019). Analisis Sikap Iklim Organisasi, Etos Kerja, dan Disiplin Kerja dalam Menentukan Efektivitas Kinerja Organisasi di Garnisun Tetap III Surabaya. Universitas Airlangga Surabaya. https://repository.unair.ac.id/35933/
Lazaruth, S. (1984). Kepala Sekolah & Tanggung Jawabnya. Kanisius.
Muslihat. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Kinerja Guru. Deepublish.
Panji, A., & Sri, S. (1995). Perilaku Keorganisasian. Pustaka Jaya.
Rahma, S. (2018). Kepala Sekolah dan Guru Profesional. Percetakan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam.
Ratmini, N. A., Natajaya, I. N., Ketut, I. G., & Sunu, A. (2019). Komitmen Organisasi , Iklim Kerja Dan Motivasi Kerja. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 91–100. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/2795
Undang-undang Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005).
Ritonga, D. E., Pohan, R., Sianturi, R., Hutagalung, G. R., & Purba, G. H. (2021). Pengaruh Pengalaman Mengajar, Etos Kerja Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 1 Sibolga. JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Kebijakan Publik), 2(2), 126–138. https://doi.org/10.30743/jekkp.v2i2.3388
Rowe, A. J. (2004). Creative Intelligence: Discovering the Innovative Potential in Ourselves and Others. Mizan (Terjemahan).
Sardiman, A. . (1990). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Wali Pers.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group.
Timpe, A. D. (ed. . (1999). Seri Manajemen Sumber Daya Manusia: Kepemimpinan, Vol. 2. Gramedia Asri Media.
Wijania, I. W. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Disiplin KerjaTerhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(4), 176–184. https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JIPP/article/view/11983
Yuliana, L. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif. Rineka Cipta.
Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Articles