Evaluasi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Undiksha Tahun 2021)
Abstrak
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan mengevaluasi sistem penerimaan mahasiswa baru guna meningkatkan jumlah mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Fokus tujuan ini didasarkan pada permasalahan, yakni kondisi pandemi dengan berbagai pembatasan skala sosial menyebabkan promosi lembaga dan sistem penerimaan mahasiswa baru diberdayakan melalui jejaring media online. Penelitian ini bermanfaat memberikan informasi terkait sistem penerimaan mahasiswa baru yang ada di bawah kepemimpinan seorang pemimpin Undiksha dan nantinya dapat mengambil kebijakan terkait evaluasi sistem ini. Subjek penelitian ini adalah pelaksana sistem penerimaan mahasiswa baru. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa ada beberapa sistem penerimaan mahasiswa baru di Universitas Pendidikan Ganesha guna meningkatkan jumlah mahasiswa pada masa pandemi Covid-19, antara lain melalui jalur SMBJM minat & bakat, SNMPTN, SBMPTN, dan SMBJM (CBT); banyak terdapat kendala yang dialami oleh pelaksana sistem penerimaan mahasiswa baru ketika melaksanakan sistem penerimaan mahasiswa baru di Universitas Pendidikan Ganesha pada masa pandemi Covid-19, salah satunya adalah jaringan internet tidak sama jangkauan di setiap daerah sehingga bisa menghambat sistem penerimaan mahasiswa baru; dan solusi yang dapat diberikan terkait kendala itu adalah memberdayakan guru-guru untuk memberikan informasi terkait penerimaan mahasiswa baru di setiap SMA/SMK.
Referensi
Abdi, Husnul. 2022. SBMPTN adalah Singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ini Alurnya. https://hot.liputan6.com/read/4982251/sbmptn-adalah-singkatan-dari-seleksi-bersama-masuk-perguruan-tinggi-negeri-ini-alurnya.
Andika, Ary Wira. 2018. “Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web di Politeknik Widya Dharma Bali”. Jurnal Sistem dan Informatika. Vol. 12, No. 2, Mei 2018, hal 89-96.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Edya Rosadi, Muhammad, Indu Indah Purnomo, dan Muhammad Iqbal Firdaus. 2018. “Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru dengan SMSGateway (Studi Kasus Universitas Islam Kalimantan)”. Jurnal Technologia. Volume 9 Nomor 3, halaman 177-184.
Erianto, Dwi. 2020. Sejarah Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/sejarah-sistem-penerimaan-mahasiswa-baru-di-indonesia?track_source=kompaspedia
Hakiki, Moh. 2014. Evaluasi, Asesmen, Penilaian, dan Pengukuran dalam Program Pembelajaran. http://www.slideshare.net/hakil/evaluasi- 13706938.
Kemendikbud. 2012. Pedoman Studi Program Sarjana dan Diploma Fakultas Bahasa dan Seni. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Mahar Rhani, Ashya Ravika. 2020. 5 Manfaat Internet. https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/08/224859069/5-manfaat-internet?page=all.
Purwanto, Agus, et. al. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”. EduPsyCouns Journal. Volume 2 (1), halaman 1-12.
Rauf, Abdul Wahid. 2017. Sekolah harus Teliti dalam Menginput Data Siswa Peserta Peserta SNMPTN. https://www.ung.ac.id/home/berita/sekolah-harus-teliti-dalam-menginput-data-siswa-peserta-snmptn.
Rusdiana, Ninanesia, Heri Susanto, dan Jamal. “Strategi Cyber Marketing untuk Meningkatkan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru”. Jurnal UPM. Vol. 8 No. 2 Edisi Nopember 2018. ISSN: 2088-4591. 22- 28. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/energy/article/download/291/298.
Sevima. 2020. 5 Alasan Mengapa Akreditas Kampus Sangat Penting bagi Mahasiswa. https://Sevima.Com/5-Alasan-Mengapa-Akreditas-Kampus- Sangat-Penting-Bagi-Mahasiswa/.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodak. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.