Implementasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah di BAN-S/M Provinsi Bali Tahun 2022 Sebagai Wujud Digital Goverment dalam Bidang Pendidikan

  • I.K. Nurhayadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: implementasi SISPENA, digital government, akreditasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis Implementasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah di BAN-S/M Provinsi Bali Tahun 2022 Sebagi Wujud Digital Government Dalam Bidang Pendidikan dilihat dari variabel Input, Proses dan Output, 2) mengetahui manfaat dan hambatan Implementasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah di BAN-S/M Provinsi Bali Tahun 2022 Sebagi Wujud Digital Government Dalam Bidang Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dari data primer dan data sekunder. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian menunjukan implementasi Sispena S/M di BAN-S/M Provinsi Bali mempermudah kegiatan akreditasi sekolah/madrasah yang dilakukan oleh BAN-S/M Provinsi Bali karena proses akreditasi melalui Sispena S/M mulai dari input, proses, dan output. Dari segi input  Sispena S/M sudah efektif mulai dari sosialisasi yang dilakukan hingga pengisian data isian akreditasi Sekolah/Madrsah; dari segi proses Sispena S/M efektif digunkan pada saat mapping asesmen kecukupan, mapping visitasi, mapping validasi, dan penilaian oleh asessor;dan dari segi outputimplementasi Sispena S/M sangat efektif sekolah/madrasah bisa secara langsung mengunduh sertifikat akreditasi di akun Sispena S/M dan melihat rekomendasi hasil akreditasi yang dijadikan acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan disekolah/madrasah. Kendala utama dalama implementasi Sispena S/M tidak tersedianya jaringan internet di sekolah/madrasah yang menghambat dalam pengisian data isian akreditasi di Sispena karena sispena S/M merupakan sitem berbasis web yang harus terhubung dengan jaringan internet dalam mengoprasionalkannya.

Referensi

Alfian, M., Kartika, D., Ferida, A., & Harapan Bersama, P. (2022). Implementasi Sistem Informasi Akuntansi dan Administrasi Berbasis Digital. Jurnal Dikemas, 06(1), 32–37.

Asti, I. S., Nurcahyo, S., & Siradjudin, I. (2020). Implementasi Pengendali Suhu Berbasis PID dengan Interface Mikrokontroler dan Matlab pada Laboratorium Sistem Kendali Digital. Jurnal Elektronika Dan Otomasi Industri, 5(1), 2. https://doi.org/10.33795/elkolind .v5i1.122

Undang-undang RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 tahun 2003 (2003).

Dewi, S., & Zakaria, H. (2022). PEMBERIAN REWARD KEPADA MITRA BISNIS MENGGUNAKAN METODE MOORA ( Studi Kasus : PT . Esta Digital ). Prosiding Seminar Nasional Informatika Dan Sistem Informasi, 6(3), 175–183.

Febriyani, F. S., & Arfriandi, A. (2021). Implementasi Algoritma RC4 pada Sistem Pengamanan Dokumen Digital Soal Ujian. JISKa, 6(3), 171–177.

Herlambang, S. M. A., & Qoiriah, A. (2022). Implementasi Metode Backpropagation Dalam Pengolahan Citra Teks Tulisan Tangan Menjadi Teks Digital Dan Text-To-Speech Pada Sistem Operasi Android. JINA CS, 3(4), 446–455. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php /jinacs/article/view/46848/39332

Instruksi Presiden No 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government, (2003).

Istiqomah, I. N., & Abryandoko, E. W. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL PADA HOME INDUSTRY JAJANAN TRADISIONAL. Exact Papers in Compilation, 2(1), 211–218. https://ojs.unwaha.ac.id/in dex.php/epic/article/view/285/152

Juliawati, J., & Sandiasa, G. (2019). Penerapan E-Government Dalam Meningkatkan Pelayanan Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Buleleng. Locus, 11(2), 1–17. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/LOCUS/article/view/277/274

Nafisa, L. (2022). Analisis Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pondok Pesantren Berbasis Digital Ekonomi. E-Jurnal.Stie-Yadika, 2(1), 11–18. https://e-jurnal.stie-yadika.ac.id/index.php/jtsyb/article/download/8/8/66

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal, (2018).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sulistio, E. B. (2019). Implementasi Digital Goverment dalam Bidang Pendidikan (Studi tentang Sistem Penilaian Akreditasi Berbasis Online pada Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Lampung Tahun 2019). Prosiding Seminar Nasional FISIP UNILA, 33–41. https://publikasi.fisip.unila.ac.id/index.php/sefila/article/view/24

Tata Sutabri, M. (2012). BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Konsep Dasar Sistem. 12–34.

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Articles