Studi Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Ekonomi berbantuan E-learning di SMA Negeri 6 Denpasar

  • L.K. Sucitasari Administrasi Pendidikan Undiksha
  • I.G.K.A. Sunu Administrasi Pendidikan Undiksha
  • D.B. Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: CIPP, E-Learning, Studi Evaluasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi secara terpisah maupun bersama sama pada context, input, process, product dan kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning di SMA Negeri 6 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Sampel penelitian ini terdiri dari 85 siswa dan 2 guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Denpasar. Data context, input, process, product pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) Efektifitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari context diperoleh hasil efektif (+), 2) Efektifitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), 3) Efektifitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari process diperoleh hasil kurang efektif (-), 4) Efektifitas pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+), 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil efektif (+ + - +), dan 6) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi berbantuan e-learning adalah 1) kurangnya dukungan sarana dan prasarana, 2) kurangnya kehadiran siswa, 3) banyak siswa yang mengumpul tugas tidak tepat waktu, 4) siswa tidak mengakses materi yang diberikan, 5) kurangnya pelatihan mengenai pembelajaran berbantuan e-learning, dan 6) guru kekurangan waktu untuk menjelaskan materi.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Prof.Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu Guru Besar Pasca Sarjana Undiksha Jurusan Administrasi Pendidikan

 
##submission.authorWithAffiliation##

Prof. Dr. Dewa Bagus Sanjaya, M.Si Guru Besar Pasca Sarjana Undiksha

Referensi

Ahsan, M., Herdahb, & Rahman, A. (2020). Kesiapan Dosen dan Mahasiswa dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning di IAIN Parepare (Evaluasi Program Model CIPP). Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 303–319. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/ article/view/2016/867

Arikunto, S., & Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budi Yoga Bhakti. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 75–82.

Izzudin, M. A., Baalwi, M. A., & Thoufan, M. F. A. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Online ( E-Learning ) Selama Masa Pandemi COVID-19 di SDI Sabilillah. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 80–90.

Marta, R. (2018). Evaluasi Implementasi Pembelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengolahan Informasi (Kkpi) Kpi Berbasis E-Learning. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(1), 43–56. https://doi.org/10.24036/tip.v11i1.96

Oktaria, Sheren Dwi, H. (2020). EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN E- LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA TINGKAT PERGURUAN TINGGI Sheren Dwi Oktaria 1) , Hadiwinarto 2). Jaeducation, 0581(1), 24–29. http://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation

Prayogo, D. (2020). Evaluasi Distance Learning Mata Kuliah Ilmu Bahan Saat Pandemi Covid-19 Menggunakan Model CIPP. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(2), 92–98. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/11898%0Ahttps://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/download/11898/5782

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/669

Rizandi, M., Puspita, D., Fatimah, M., Cantika, N., & Purnama, W. (2021). Jurnal Fundadikdas ( Fundamental Pendidikan Dasar ) Evaluasi pembelajaran daring melalui media WhatsApp di SD N 16 Evaluation of Online Learning Using WhatsApp Media at SD N 16 Toboali. 4(2), 63–80.

Stufflebeam, D. L. (2000). The CIPP Model For Evaluation. Kluwer Academic Publishers.

Suparto, S. P. (2012). Evaluasi progam e-learning bagi petugas lapangan. FIP Universitas Negeri Jakarta, 21(3), 112–128. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view /1470/pdf

Syifa, A. (2020). Evaluasi Penerapan E-Learning Melalui Model Cipp Di Program Studi Psikologi Islam Iain Pontianak. Jurnal As-Salam, 4(2), 180–194. https://doi.org/ 10.37249/as-salam.v4i2.210

Tsani, I., Arsyadana, A., Sufirmansyah, & Shafira, E. (2021). Evaluasi Model CIPP Pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 17–45. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/a rticle/view/8165/4594

Wakano, A., Prihono, E. W., Hasanah, N., & ... (2021). Evaluasi sistem pembelajaran online dimasa pandemi covid-19. … Penelitian Hukum Dan …, 20(1), 1195–1205. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose/article/view/1380

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles