Konstribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Komitmen dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 5 Denpasar

  • S. Rejeki Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.P.W. Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: kemampuan manajerial, supervisi akademik, komitmen, motivasi kerja, kinerja guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui besaran kontribusi kemampuan manajerial terhadap kinerja guru di SMK Negeri 5 Denpasar, 2) untuk mengetahui besaran kontribusi supervisi akademik terhadap kinerja guru di SMK Negeri 5 Denpasar, 3) untuk mengetahui besaran kontribusi komitmen kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 5 Denpasar, 4) untuk mengetahui besaran kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 5 Denpasar, 5) untuk mengetahui besaran kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, supervisi akademik, komitmen dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri 5 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kepala sekolah dan guru-guru di SMK Negeri 5 Denpasar yang berjumlah 95 orang. Sampel penelitian menurut formula Kreje dan Morgan, jumlah sampel adalah 76 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana, ganda, dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri 5 Denpasar dengan sumbangan efektif sebesar 9,24%, (2) terdapat adanya kontribusi yang signifikan antara supervisi akademik dengan kinerja guru SMK Negeri 5 Denpasar dengan sumbangan efektif sebesar 9,05%, (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara komitmen kerja dengan kinerja guru SMK Negeri 5 Denpasar dengan sumbangan efektif sebesar 8,36%, (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru SMK Negeri 5 Denpasar dengan sumbangan efektif sebesar 36,10%, dan (5) hasil penelitian ini menunjukan hubungan yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah, supervisi akademik, komitmen dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru.

Referensi

Arikunto, S., & Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budayana, P. (2020). Hubungan Prilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi pembelajaran, Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru PNS pada SMP Negeri Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 11–21. https://ejournal-pasca.undiksha.ac .id/index.php/jurnal_ap/article/view/3189

Fajar, A. (2013). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Posing Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Panekan Tahun ajaran 2012/2013. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Handoko, D. S., & Rambe, M. F. (2018). Pengaruh Pengembangan Karir dan Kompensasi terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 31–45. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO /article/download/2238/2238

Hasibuan, & S.P, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Kirana, A. M. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Etos Kerja Pada Departemen Warehouse PT. Mulia Boga Raya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa Bekasi: Bekasi.

Partama, I. K., Natajaya, & Dantes, R. (2013). Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru Sd Di Gugus Viii Kecamatan Sukasada. 4(4), 1–20. https://media.neliti.com/med ia/publications/74020-ID-kontribusi-kemampuan-manaj erial-epala-s.pdf

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Robbins Stephen, P. (2007). Perilaku Organisasi, Jilid 1 & 2, Bahasa :Hadyana Pujaatmaka. Indeks Kelompok Gramedia.

Saud, U. . (2012). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Suroso, S. P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Thoha. (2019). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widnyana, A. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru PNSdi SD Negeri Se Gugus II Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–12. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/j urnal_ap/article/view/2083

Wirawan. (2012). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Wirawan, I. K. S. (2020). Hubungan kualitas kepemimpinan, komitmen karir dan pendidikan terhadap motivasi kerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Busungbiu. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 31–42. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/search/authors/view?first Name=Prof. Dr. Nyoman Dantes&middleName=&lastName=.&aff iliation=&country=

Yukl, A. . (2012). Kepemimpinan Dalam Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia: Yusuf Udaya. Jakarta: Penerbit Prenhallindo.

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles