Evaluasi Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMA Swasta Kristen Harapan Denpasar pada Masa Pandemi Covid-19

  • I.G.A.O. Citariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.P.W. Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • B.R. Werang Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: evaluasi, efektivitas, dana BOS, CIPP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi secara terpisah maupun bersama-sama pada context, input, process, product dan kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan penggunaan dana BOS di SMA Swasta Kristen Harapan Denpasar pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga SMA Swasta Kristen Harapan Denpasar. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 39 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, Bendahara BOS, Tata Usaha, Guru. Data context, input, process dan product pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner dengan menggunakan skala Likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan penggunaan dana BOS, skor mentah ditransformasikan ke dalam Z skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari komponen context tergolong kurang efektif, 2) pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari dari komponen input tergolong kurang efektif, 3) pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari dari komponen process tergolong efektif, 4) pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari dari komponen product tergolong kurang efektif, 5) hasil evaluasi terhadap pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari dari komponen context, input, process dan product diperoleh hasil kurang efektif (--+-).

Referensi

Agung, A. A. G., & Koyan, I. W. (2020). Evaluasi Program Pendidikan. Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Albiy, R., & Yahya, Y. (2021). Efektifitas Penggunaan Dana BOS di MTs Swasta pada Masa Pandemi Covid 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2277–2286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/794

Hakim, D. R. (2020). EVALUASI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) MENENGAH KEJURUAN (Studi Komparatif pada SMK Negeri dan Swasta di Provinsi Banten). Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(1), 11–23. https://doi.org/10.25134/equi.v17i01.ABSTRACT

Masruroh, M., & Fitriani, S. (2021). Evaluasi Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Di Smk Ypk Kesatuan Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 551. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.551-562.2021

Mulya, M. H. W., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Surabaya. Publika, 9(3), 181–194. https://doi.org/10.26740/publika. v9n3.p181-194

Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler, Pub. L. No. 6 (2021).

Setiawati, S. (2019). Evalusi Prosedur Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) Dalam Menilai Efektifitas Dana Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Auladi Depok. Jurnal Lentera Akuntansi, 4(2), 60–79.

Werang, B. R. (2020). Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial. Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, Edi., D., & Fuadi, A. (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan. Riau: DOTPLUS Publisher.

Diterbitkan
2023-11-07
Bagian
Articles