Konstribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik, Iklim Kerja, dan Budaya Organisasional Terhadap Prestasi Kerja Guru

  • L. Yuliani Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.G. Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, supervisi akademik, iklim kerja, budaya kerja, kinerja guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan besarnya kontribusi yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru di SMK Negeri 1 Seririt, 2) mendeskripsikan besarnya kontribusi yang signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru di SMK Negeri 1 Seririt, 3) mendeskripsikan besarnya kontribusi yang signifikan iklim kerja terhadap prestasi kerja guru di SMK Negeri 1 Seririt, 4) mendeskripsikan besarnya kontribusi yang budaya organisasional sekolah terhadap prestasi kerja guru di SMK Negeri 1 Seririt, 5) mendeskripsikan besarnya kontribusi yang signifikan kepemimpinan transformasional, supervisi akademik kepala sekolah, iklim kerja dan budaya organisasional sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi kerja guru di SMK Negeri 1 Seririt. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan rancangan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 61 orang. Sampel penelitian penelitian ini menggunakan formula Kreje dan Morgan berjumlah 52 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tentang variabel kepemimpinan transformasional, supervisi akademik, iklim kerja, budaya organisasional terhadap prestasi kerja guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa (1) terdapat kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru sebesar 18,02%, (2) terdapat kontribusi supervisi akademik terhadap prestasi kerja guru sebesar 12,39%, (3) terdapat kontribusi iklim kerja terhadap prestasi kerja guru sebesar 14,22%, (4) terdapat kontribusi budaya organisasional terhadap prestasi kerja guru sebesar 7,45%, dan (5) terdapat kontribusi kepemimpinan transformasional, supervisi akademik, iklim kerja, budaya organisasional secara bersamasama terhadap prestasi kerja guru sebesar 52,08%.

Referensi

Angga, I. M. D., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/mapen.v15i1.11667

Arikunto, S., & Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astawa. (2016). Hubungan Antara Pelaksanaan Supervisi Pendidikan dan Iklim Sekolah Dengan Kinerja Guru Pembimbing SMP Negeri Di Kabupaten Jembrana. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12. http://etheses.uin-malang.ac.id/14452/1/16711015.pdf

Atmodiwiro, S. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Ardadizya Jaya.

Bahri, S. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, S. (2018). Inovasi Pendidikan, dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Badung : Penerbit Pustaka Setia.

Daryanto, A. (2005). Model Kepemimpinan dan Kepemimpinan Agribisnis Masa Depan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan, G. P. (2012). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pelaksanaan Supervisi Pengajaran, Tingkat Kematangan Guru, Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Negeri Di Kabupaten Gianyar. 2012.

Harsono, A. S. E., Nugroho Mardi, W., & Hartati, C. S. (2021). Pengaruh Disiplin, Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Jurnal EMA, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.47335/ema.v6i1.58

Hartanto, D. (2012). Menyontek mengungkap akar masalah dan solusinya. Jakarta: Indek.

Hersey, P., & H, B. K. (1986). Manajemen Perilaku Organisasi: Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Pener-jemah Agus Dharma. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Yogyakarta: PT. Andi.

Mahayasa, I. G. A. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional Dan Organizational Citizenship Behavior Perawat. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 73–86. https://ojs.unud.ac.id /index.php/jmbk/article/download/36160/22933/

Prijatna. (2020). Tesis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 2(1), 31–42. https://www.academia.edu/29047344/Tesis_pengaruh_kepemimpinan_kepala_sek olah_motivasi_kerja_dan_disiplin_kerja_terhadap_kinerja_guru

Santiari, L. P., Arya Sunu, I. G. K., & Rihendra Dantes, K. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/japi. v11i1.3149

Stoner, J. A. F. (2012). MAnajeman. Prentice-Hall.

Yudana, I. M. (2019). Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Singaraja: Buku ajar.

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles