Studi Evaluasi Pengelolaan Biaya Pendidikan SMA Negeri 2 Mengwi

  • N.R.W. Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.W. Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: studi, evaluasi, biaya, pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan biaya pendidikan di SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2021. Desain penelitian yang dipilih pada penelitian ini adalah desain penelitian evaluatif menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Populasi pada penelitian adalah siswa, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan lainnya pada SMA Negeri 2 Mengwi pada Tahun 2022 yang berjumlah 120 orang. Sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 92 orang. Data context, input, process, product pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan pengelolaan biaya pendidikan di SMA Negeri 2 Mengwi Tahun Pelajaran 2021 skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) efektifitas pengelolaan biaya pendidikan SMA Negeri 2 Mengwi yang ditinjau dari conteks diperoleh hasil efektif (+), 2) efektifitas pengelolaan biaya pendidikan SMA Negeri 2 Mengwi yang ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), 3) efektifitas pengelolaan biaya pendidikan SMA Negeri 2 Mengwi yang ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+), 4) efektifitas pengelolaan biaya pendidikan SMA Negeri 2 Mengwi yang ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+), 5) hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap pengelolaan biaya pendidikan SMA Negeri 2 Mengwi yang ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil sangat efektif (+ + + +).

Referensi

Adellia, Y., & Prajawinanti, A. (2021). Implementasi model evaluasi cipp pada pelaksanaan program kelompok belajar TBM Leshutama era pandemi covid-19. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(2), 14. https://doi.org/10.18592/ pk.v9i2.5516

Agung, A. A. G. (2017). Evaluasi Pendidikan (4th ed.). Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G., & Koyan, I. W. (2016). Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). Universitas Pendidikan Ganesha.

Darmana. (2020). Evaluasi Penerapan Sistem Layon Sari (Layanan Online Satu Jari) Di Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 20–31. https://repo .undiksha.ac.id/4499/

Idris, M. A., Said, S., Mus, A. R., & Kamase, J. (2020). The Effect of Education Costs Through Accreditation of Students ’ Decisions to Choose Private Universities in Makassar City. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 23(1), 517–527. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/1961/1583

Mufid, M. (2020). Evaluasi Model Context, Input, Process and Product (CIPP) Program Baca Tulis Al-Qur’an di Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Quality, 8(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.6908

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pub. L. No. 19 (2005).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, (2008).

Sholihat, S. S. (2017). Pengelolaan Biaya Pendidikan, Partisipasi Masyarakat, Dan Mutu Layanan Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(1), 1–10. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/6497

Stufflebeam, D. L., & Zhang, G. (2017). The CIPP Evaluation Model How to Evaluate for Improvement and Accountability. The Guilford Press.

Supriyadi. (2003). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Sutrisnawati, Y. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Penggunaan Bantuan Operasional Sekolah Daerah Tahun Anggaran 2020 dengan Model CIPP (Studi Kasus Pada Smk Negeri Se-Kota Denpasar). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 12(1), 21–30. https://repo.undiksha.ac.id/7964/

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Articles