Pengaruh Pelajaran Nilai-Nilai Kemanusiaan, Meditasi, Praktik Berkesadaran dan Genta Penenang Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan

  • F. Taslim Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.P.W. Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: meditasi, praktik berkesadaran, karakter, genta penenang, nilai-nilai kemanusiaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel, yaitu: (1) Pelajaran Nilai-Nilai Kemanusiaan, (2) meditasi, (3) praktik berkesadaran (4) genta penenang secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Nanyang Zhi Hui yang berjumlah 182 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Statistik Inferensial, yang mengambil sampel siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner komponen konteks Pelajaran Nilai-Nilai Kemanusiaan, meditasi, praktik berkesadaran, genta penenang dan karakter. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan nilai-nilai kemanusiaan terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 25,06%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan meditasi terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 2,63%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan praktik berkesadaran terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 14,71%, (4) terdapat pengaruh yang signifikan genta penenang terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 6,01%, dan (5) secara bersama-sama, terdapat pengaruh yang signifikan nilai-nilai kemanusiaan, meditasi, praktik berkesadaran, dan genta penenang terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 48,4%.

Referensi

Baskara, A., Soetjipto, H. P., & Atamimi, N. (2015). Kecerdasan Emosi Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Program Meditasi. Jurnal Psikologi, 35(2), 101–115.

Chowmas, D. (2021). Pengaruh Berkesadaran Penuh (Mindfulness) terhadap Spiritualitas Mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 2(2), 27–34.

Damayanti, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta : Araska.

Undang-undang RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 tahun 2003 (2003).

Ferdian, L., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Kristen. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.17977/ um025v5i12020p275

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Sari, N. (2013). *Nurlaela Graduated in 22 February 2013 from English Education Study Program of Indonesia University of Education. 154–162.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suyanto. (2011). Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Yamane, T. (1973). Statistics: An Introductory Analysis. (3rd Edition). Harper and Row, New York.

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Articles