Determinasi Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja, Komitmen Organisasional, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Denpasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui besaran determinasi kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru SMA Negeri di kota Denpasar, 2) mengetahui besaran determinasi etos kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di kota Denpasar, 3) mengetahui besaran determinasi komitmen organisasional terhadap kinerja guru SMA Negeri di kota Denpasar, 4) mengetahui besaran determinasi motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di kota Denpasar, 5) mengetahui besaran determinasi secara simultan kepemimpinan transformasional, etos kerja, komitmen organisasional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di kota Denpasar. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 233 orang. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada determinasi yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Denpasar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,433 dan sumbangan efektifnya sebesar 9,01%. (2) ada determinasi yang signifikan antara etos kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Denpasar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,314 dan sumbangan efektifnya sebesar 4,71%. (3) ada determinasi yang signifikan antara komitmen organisasional terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Denpasar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,255 dan sumbangan efektifnya sebesar 0,38%. (4) ada determinasi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Denpasar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,513 dan sumbangan efektifnya sebesar 19,01% (5) secara bersama-sama, ada determinasi yang signifikan antara kepemimpinan transformasional, etos kerja, komitmen organisasional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Denpasar, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,575 dan determinasinya sebesar 33,1% terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Denpasar.
Referensi
Agung, A. A. G. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Danim, S. (2009). Menjadi Komunitas Pembelajaran Kepemimpinan Trasformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Undang-undang RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 tahun 2003 (2003).
Fairy, P. O. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, Dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Adiministrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 10(2), 34–46.
Hasanah, U. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Etika Kerja Islam Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Guru-Guru Di Sekolah Menengah Kebangsaan Sultan Yussuf Batu Gajah Malaysia). Jurusan Pendidikan Ekonomi (Akuntansi) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 52(1), 5–24.
Karuna, N. (2020). Determinasi Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 11(2), 45–56. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/ article/view/3412
Manulang. (1992). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Marlina. (2019). Pengaruh motivasi, disiplin, dan etos kerja terhadap kinerja guru slta negeri di kecamatan baolan kabupaten tolitoli. E-Jurnal Katalogis, 3(7), 153–162. https://media.neliti.com/media/publications/147533-ID-pengaruh-motivasi-disiplin-dan-etos-kerj.pdf
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pemendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang kinerja guru, (2007).
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pub. L. No. 19 (2005).
Prawirosentono, Suyadi Primasari, D. (2019). Kinerja, Motivasi & Etos Kerja Karyawan: membangun Organisasi Kompetitif Era Perdagangan Bebas Dunia & Industri 4.0 Digital. Edisi Ke-4. Yogyakarta: BPFE Fakultas Ekonomi & Bisnis UGM.
Undang-undang Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005).
Robbins, Stephen P. dan Coulter, M. (2010). Manajemen Edisi Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Robbins Stephen, P. (2007). Perilaku Organisasi, Jilid 1 & 2, Bahasa :Hadyana Pujaatmaka. Indeks Kelompok Gramedia.
Santika, N. (2020). Hubungan Kepemimpinan Situasional, Disiplin Kerja, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru SD Gugus IV Kecamatan Buleleng. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT. Refika Aditama.
Slameto. (2018). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan beserta Faktor Penentunya. Artikel Jurnal Penelitian Kinerja Guru, 2(1), 1–12. https://www.researchgate.net/publication/ 322676521.
Stolovitch, H. D., & Keeps, E. J. (1992). Handbook of Human Performance Technology A Comprehensive Guide for Analysis and Solving Performance Problem in Organizations. San Francisco: Jersey-Bass Publisher.
Suardana, P., Yudana, I. M., & Agung, A. A. G. (2015). Kontribusi Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Di Kabupaten Tabanan. 6(1), 1–11.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Susanty, A., & Sigit. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan. UNDIP, 7(1), 1–11.
Uno, & Hamzah B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, G. A. (2021). Kontribusi kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, etos kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMKN 1 Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(2), 1–12. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article /download/407/475/
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##