PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN TRAINER DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI TITL SMK N 1 DENPASAR

  • N.K.A. Sundari Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.G. Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.W. Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: problem based learning, trainer, kompetensi pedagogik, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan trainer dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI TITL SMK Negeri 1 Denpasar. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 44 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang ditentukan dengan Teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dan melakukan pretest sebelum eksperimen dan posttest setelah pelaksanaan eksperimen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Teknik analisis Kovarian satu jalur. Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa: (1) Terdapat pengaru yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan harga Fhitung= 280.382, p = 0.000. (2) Setelah kompetensi pedagogic dikendalikan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan trainer yang ditunjukan dengan harga Fhitung=294.285, p=0.000.

Referensi

Agung, A. A. G. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, I. (2014). Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Annisa, M., Tanjung, F. Z., & Ridwan, R. (2016). Analisis Sarana Dan Prasarana Sekolah Dasar Berdasarkan Tingkat Akreditasi Di Kota Tarakan. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 134. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8934

kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Kusnandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Mulyanto, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learningterhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis (Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Swasta se-Surakartata 2017/2018). UNS-Pascasarjana, 1(1), 20–32. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/ 58850/Pengaruh-Model-Pembelajaran-Problem-Based-Learning-dan-Contextual-Teaching-and-Learningterhadap-Hasil-Belajar-Matematika-Ditinjau-dari-Kemampuan-Berpikir-Kritis-Studi-Eksperimen-Siswa-Kelas-V-SD-Swasta-se-Surakartata-20172018

Musa’adah, D. (2016). Hubungan religiusitas dengan kecemasan pada wanita premenopause (Doctoral dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya). Uin Sunan Ampel Surabaya.

Priansa, D. J. (2018). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Alfabeta.

Purwanto, P., & Siregar, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor Di Kelas X Semester Ii Sma Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 2(1), 25. https://doi.org/10.24114/jiaf.v2i1.3736

Undang-undang Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005).

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Siti Nurjanah, & Risma Dwi Arisona. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Belajar Ips Terpadu Pada Materi Kegiatan Ekonomi. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i1.42

Sobirin. (2018). Kepala Sekolah, Guru, dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Miz Methods) (10th ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Zain, D. M., & Ludji, T. V. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Afektif Mata Pelajaran Bible Siswa Kelas 4 SD Kristen Charis, Tahun Ajaran 2019/2020. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.32490/didaktik.v2i2.53

Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Articles