Manajemen Pembelajaran Berbasis Joyful Learning dan Implikasinya dalam Learning Revolution

  • I.M. Pastika SMA Negeri 1 Banjar
Kata Kunci: manajemen pembelajaran, pembelajaran menyenangkan, revolusi pembelajaran

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami hakikat pembelajaran menyenangkan, dan menemukan implikasi pembelajaran menyenangkan dalam revolusi pembelajaran. Penelitian ini adalah researching from home dengan mengoleksi data-data mengenai pembelajaran, pembelajaran menyenangkan, dan revolusi pembelajaran melalui eksplorasi Google Books dan Google Scholar. Terdapat empat tahap pengumpulan data pada penelitian ini yaitu (1) mencatat semua temuan terkait variabel penelitian; (2) memadukan segala temuan terkait variabel penelitian; (3) menganalisis segala temuan; dan (4) mengkritisi, untuk menghadirkan temuan baru. Teknik dokumentasi diimplementasikan dalam pengumpulan data penelitian, yaitu dengan jalan membaca, mempelajari, mengkaji, dan mencatat literatur yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas. Data yang diperoleh melalui satu sumber yaitu data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kartu data. Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu (1) analisis pada saat pengumpulan data; dan (2) analisis setelah dilakukan proses pengumpulan data. Validasi data mengacu pada tiga kategori yakni kepercayaan, keteralihan, dan keabsahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menyenangkan pada hakikatnya adalah pembelajaran yang berpusat pada anak didik, menekankan pada proses, difasilitasi secara komprehensif, dan efektif. Secara teoritis, pembelajaran menyenangkan dapat meningkatkan kemampuan memori dan secara praktis berimplikasi terhadap lahirnya strategi-strategi pembelajaran menyenangkan seperti pembelajaran menyenangkan melalui permainan, humor, dan lagu.

 

 

Referensi

Abdullah, A.G., dkk. (2007). Humor dalam Pengajaran. Pulau Pinang: PTS Profession.

Ambarwati, A. (2017). Humor dalam Buku Pengayaan BIPA (Artikel). Malang: FKIP Universitas Islam Malang.

Djamaluddin & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaffah Learning Center.

Darmansyah. (2012). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmansyah. (2002). Persepsi Siswa tentang Sisipan Humor dalam Penyampaian Pesan dan Disiplin Belajar hubungannya dengan Hasil Belajar. Jurnal Kependidikan, 3(2), 189-198.

Febriyona, C., dkk. (2019). Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan. Jurnal Jaffray, 17(1), 123-140.

Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Goldstone, J. A. (2014). Revolutions: A Very Short Introduction. New York: Oxford University Press.

Hanina P., dkk. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3791-3798.

Hapudin, M.S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana.

Hastuti, M. (2022). Revolusi Pendidikan atau Pembelajaran. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Husamah, Y.P., dkk. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Jupriono & Sukatman. (2021). Pronomasia dalam Wacana Humor di Media Sosial. Tanda: Jurnal tentang Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra, 1(3), 17-26.

Muhammad, N. (2020). Teach Like Fun Teacher. Metode Pembelajaran Menyenangkan ala Finlandia. Yogyakarta: Araska.

Mulyana, A.Z. (2010). Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Grasindo.

Nugroho & Ratri. (2020). Apersepsi Pembelajaran melalui Stand-up Comedy untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Metode Ceramah di STKIP PGRI Ponorogo. Jurnal Pendidikan Universitas Terbuka Indonesia, 21(2).

Pahlevi, dkk. (2022). Urgency and Implementation of Humor in Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Faculty of Education University of Pahlawan Tuanku Tambusai, 4(3).

Prasetyo, A.R., dkk. (2020). Comedy Sebagai Apersepsi dalam Pembelajaran. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang, 3(2), 158-165.

Roffiq, A., dkk. (2017). Media Musik dan Lagu pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 35-40.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Samples, B. (2002). Revolusi Belajar Untuk Anak: Panduan Belajar sambil Bermain untuk Membuka Pikiran Anak-Anak Anda. Bandung: Penerbit Kaifa.

Samrin & Syahrul. (2021). Pengelolaan Pengajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Setiawan, A., dkk. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP: Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran: Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 6(1), 39-44.

Sholihah, R.F. (2017). Skripsi Pengaruh Strategi Pembelajaran Menyenangkan (Joyful Learning) melalui Permainan Ular Tangga Android terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gerak Harmonik. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Solner & Paula. (2017). Joyful Learning: Active and Collaborative Strategies for Inclusive Classrooms. Corwin Press.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Taufan, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Sisipan Humor Terhadap Hasil Belajar Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 23-32.

Traverso, E. (2021). Revolution: An Intellectual History. London: versobooks.com.

Uno & Nurdin. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Vidiadari, I.S. (2017). Relasi Gender dalam Kolom Humor “Si Palui” di Banjarmasin Post. Aristo: Sosial Politik Humaniora, 5(2), 259-290.

Wikara, B., dkk. (2020). Efek Pembelajaran yang Menyenangkan (Fun Learning) Terhadap Kemampuan Memori: Sebuah Kajian Teoritis. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2).

Yulinda, N. (2017). Penerapan Metode Fun Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas I B SDN. 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal EDUCHILD, 6(2).

Diterbitkan
2023-05-25
Bagian
Articles