Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Etos Kerja, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Denpasar

  • G.A. Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.G. Agung Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja, Etos Kerja, Kinerja Guru, Kepuasan Kerja

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kontribusi yang signifikan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru SMKN 1 Denpasar, (2) mengetahui kontribusi yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMKN 1 Denpasar, (3) mengetahui kontribusi yang signifikan etos kerja terhadap kinerja guru SMKN 1 Denpasar, (4)  mengetahui kontribusi yang signifikan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMKN 1 Denpasar, (5) mengetahui secara simultan kontribusi yang signifikan kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, etos kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMKN 1 Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan “ex-post facto” dengan sampel diambil berjumlah 36 guru dari 137 guru yang ada di SMKN 1 Denpasar. Data diambil menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru, (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara etos kerja terhadap kinerja guru, (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja guru, (5) secara simultan terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, etos kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Di antara keempat variabel prediktor yang diteliti, semuanya berpengaruh terhadap kinerja guru sehingga konsekuensi logisnya, untuk meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan meningkatkan nilai kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, etos kerja, dan kepuasan kerja. Meninjau kontribusi pengaruh yang berbeda, prediktor yang paling berpengaruh adalah etos kerja (X3) sebesar 41,87%, prediktor ini mestinya diprioritaskan untuk meningkatkan kinerja guru secara optimal.

Referensi

Ardiana, T.E. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, Vol. 17 No.2: 14-23.
Aries, Susanty dan Sigit. WB. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan. Jati Undip. Vol. VII. No. 2 hal. 77-84.
Chamundeswari, S. 2013. Job Satisfaction and Performance of School Teachers. Internasional Journal of Academic Research in Business and Socisl Sciences, 3 (5), 420-428.
Chintalloo, S. & Mahadeo, J. D. 2013. Effect of Motivation on Employees’ Work Performance at Ireland Blyth. Limited. Proceedings of 8th Annual London Business Research Conference, Imperial College, London, UK.
Firdaus, Endis. 2017. Tujuan dan Sasaran Pendidikan Kejuruan Bandung. Diakses pada Minggu, 26 Aprili 2020 di http://fptk.upi.edu/?page_id=1713
Mangkunegara A.A.Anwar Prabu. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Marlina. 2015. Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Slta Negeri di Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. e-Jurnal Katalogis, Vol. 3 No. 7: 153-162
Monika I Gusti Ayu, A.A. Gede Agung, dan Kadek Rihendra Dantes. 2019. Determinasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Etos Kerja Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Pariwisata Harapan Denpasar. E-Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, Vol. 10 No. 2, Bulan Agustus Tahun 2019, p. 138-147.
Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sedarmayanti & G. Y. Safer. 2016. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Gugus Satu Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 13, No. 3: 501-524
Senny Mei Hardika, Lanny Wijayaningsih, dan Mozes Kurniawan. 2018. Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 2, Mei 2018: 197-209
Siswatiningsih, Ida, Kusdi Raharjo, dan Arik Prasetya. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Budaya Organisasi, Motivasi Kerja ,Komitmen Oganisasional Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 5 No.2, Juni 2018, p 146-157.
Suharsaputra, Uhar. 2020. Pengembangan Kinerja Guru. https://uharsputra.wordpress.com/arsip/pkb-guru/pengembangan-kinerja-guru/ Diakses pada 26 April 2020.
Toffi, Norberta Rina. 2019. Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Prosiding Seminar Nasional, Penguatan Karakter Berbasis Literasi Ajaran Taman Siswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Yogyakarta, 28 September 2019.
Tokhibin, T. & W. Wuradji. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi, Motivasi dan Kedisiplinan Guru Terhadap Kinerja Guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 2: 308-320
Usop, A. M. 2013. Work Performance and Job Satisfaction Among Teachers. Internasional Journal of Humanities and Social Science, 3 (5): 245-251.
Uzonna, U. R. 2013. Impact of Motivation on Employees’ Performance: A Case Study of Credit West Bank Cyprus. Journal of Economics and International Finance, 5(5), 199-211.
Werang Basilius Raden, Okto Irianto, dan Henie PoerwandarAsmaningrum. 2019. Pengaruh Motivasi dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Distrik Mindiptana Papua. Journal of Primary Education, Volume 1 No 2, March 2019.
Wisnawa I Nyoman Adi dan A.A Sagung Kartika Dewi. 2020. Gaya Kepemimpinan Transformasional Berpengaruh Terhadap Organizational Citizenship Behaviour dengan Dimediasi Variabel Kepuasan Kerja. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 2, 2020 : p. 528-552.
Yudana, I Made. 2010. Orasi Ilmiah Pengenalan Guru Besar Tetap Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja;Undiksha
Yuliandri Jimmi dan Muhammad Kristiawan. 2016. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Mewujudkan Manusia Profesional dan Kompetisi Global, Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Diterbitkan
2021-12-29
Bagian
Articles