Pengaruh Kecerdasan Emosi Guru, Beban Mengajar Guru dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Yayasan Kalam Kudus Indonesia Cabang Bali

  • M.A. Patty Universitas Pendidikan Ganesha
  • D. G. H. Divayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. P. W. Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: kecerdasan emosi, beban kerja, kepemimpinan transformasional, kinerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kecerdasan emosi guru, beban kerja guru, kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru di Yayasan Kalam Kudus Indonesia cabang Bali. Bentuk penelitian ini menggunakan bentuk penelitian ex-post facto dengan mengambil sampel 51 orang guru dari populasi 72 guru di semua jenjang di Yayasan Kalam Kudus Indonesia cabang Bali. Peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner dengan Skala Likert. Pengujian yang dilakukan untuk menganalisis data yaitu dengan melakukan Uji F, Uji T, Uji Koefisien, Uji Korelasi dan Uji Regresi Ganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil yang diperoleh adalah : 1) Kecerdasan Emosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru, dapat dilihat dari nilai thit 6,182 > ttab 1,67793 dan Sig 0,00 > 0,05. R hitung 0,740 menunjukkan tingkat hubungan antar variabel tinggi. 2) Beban Kerja Guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Guru, dilihat dari nilai Sig. 0,188 > 0,005, dengan koefisien sebesar – 0,051 memperlihatkan bahwa jika Beban Kerja berkurang maka Kinerja akan meningkat (berbanding terbalik). 3) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhubung secara linier dengan Kinerja Guru dan mempengaruhi Kinerja Guru secara signifikan, dilihat dari nilai thit 2,209 > ttab 1,67793 dan Sig 0,032  < 0,005. 4) Pengaruh positif yang signifikan secara simultan antara Kecerdasan Emosi Guru, Beban Kerja  Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru dengan memberikan Sumbangan Relatif sebesar 100% dan Sumbangan Efektif sebesar 60,7%.

Referensi

Goleman, Daniel. (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional mengapa EI lebih penting dari IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
I W. Wedastera, Nyoman Dantes, I M. Yudana. (2013). Determinasi Ekspektasi Karir, Kecerdasan Emosi dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru SMP Se-Kecamatan Blahbatuh. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, Vol 4, No 1 (2013)
Mangkunegara Anwar Prabu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A. A. A. P., and Mela Puspitasari. "Kecerdasan Emosi Guru, Stres Kerja, Dan Kinerja Guru SMA." Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, vol. 45, no. 2, Nov. 2015, doi:10.21831/jk.v45i2.7491.
Munandar, Ashar Sunyoto. (2014). Psikologi Industri dan Organisasi (Cetakan ke-1). Jakarta : UI Press.
N. Karuna, I.G.K.A. Sunu, K.R. Dantes. 2020. 3. Determinasi Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, Vol 11, No 2 (2020)
Rivai, Veitzhal dan Mulyadi, Deddy. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rivai, Veitzhal, Deddy. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Siluh Nyoman Princes Oktavia Fairy, Made Yudana, Dewa Gede Hendra Divayana. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja Guru, Kepuasan Kerja, dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMPK 1 Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, Vol 10, No 2 (2019)
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Tarwaka 2011, Ergonomi Industri, penerbit : PT. Harapan Press, Solo.
Tong, Steven, 2018, Arsitek Jiwa 1, Surabaya: Momentum
Tong, Steven, 2018, Arsitek Jiwa 2, Surabaya: Momentum
Virginia Yosephine Florentika Nelson, Kadek Rihendra Dantes, I Putu Wisna Ariawan. (2020). Kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah, etos kerja, budaya kerja, komitmen organisasi terhadap profesionalisme guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, Vol 11, No 1 (2020)
Yukl, Gary, 2010, Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Kelima. Jakarta: PT. Indeks
Diterbitkan
2021-12-30
Bagian
Articles