Kontribusi Kepemimpinan Autentik, Supervisi Akademik, Etos Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Singaraja

  • K.I. Permatasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Kepemimpinan Autentik, Supervisi Akademik, Etos Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap kontribusi kepemimpinan autentik, supervisi akademik, etos kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Sampel 30 orang guru diambil dengan teknik random sampling dari populasi penelitian yang berjumlah 60 orang guru SMP Negeri 6 Singaraja. Variabel independen yang diteliti adalah kepemimpinan autentik (X1), supervisi akademik (X2), etos kerja (X3) dan motivasi kerja (X4), sedangkan variabel dependennya adalah kinerja guru (Y). Data penelitian dikumpulkan dengan metode kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dan korelasi parsial. Hasil pengujian dengan program SPSS menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan Autentik berkontribusi positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru sebesar 41.5%, dengan sumbangan efektif sebesar 0.1868%, 2) Supervisi Akademik berkontribusi positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru sebesar 55.5% dengan sumbangan efektif sebesar 11.2%, 3) Etos Kerja berkontribusi positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru sebesar 88.8% dengan sumbangan efektif sebesar 31.48%, 4) Motivasi Kerja berkontribusi positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru sebesar 91% dengan sumbangan efektif sebesar 51.46%, 5) Kepemimpinan Autentik, Supervisi Akademik, Etos Kerja dan Motivasi Kerja berkontribusi positif dan signifikan secara simultan terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Singaraja sebesar 93.4%.

Referensi

Abidin & Latif. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Autentik Terhadap Kinerja Guru SMP Man Ana Kecamatan Pamijahan Bogor. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, Volume 3 Nomor 2, 199-205
Avolio B.J., et al. 2004. "Transformational Leadership and Organizational Commitment: Mediating Role of Psychological Empowerment , R.Cand Moderating Role of Structural Distance." Journal of Organizational Behavior, 25: pp. 951–968.
Avolio, B.J., & Gardner, W.L. 2005. Authentic Leadership Development: Getting to The Root of Positive Forms Leadership. Leadership Quarterly, 16: 315-338
Ismawantini, L. 2019. Kontribusi Supervisi Akademik, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Etos Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 3 Banjar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, Volume 10 Nomor 2
Khoeriyah, S.W. (2015). Kontribusi Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru SMP IT Yaspida Sukabumi. Tadbir Muwahhi, Volume 4 Nomor 2
Putra, I M. 2014. Kontribusi Etos Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se Kecamatan Karangasem. Jurnal Administrasi Pendidikan UNDIKSHA, Volume 5 Nomor 1
Sinamo, J. 2005. 8 Etos Kerja Profesional. Jakarta: PT. Spirit Mahardika
Sukayana, W 2019. Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), hal. 157-162
Susana. (2018). Supervisi Akademik dan Komitmen Kerja Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 25 Nomor 1
Susilo, dan Slamet Sutoyo. 2019. Kontribusi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 4 Nomor 2
Wildawati. 2013. Kontribusi Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, Volume 1 Nomor 1
Yudana, I M. 2010. Orasi Ilmiah Pengenalan Guru Besar Tetap Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja;Undiksha
Diterbitkan
2021-12-30
Bagian
Articles