Kontribusi Ekspektasi Karier, Motivasi Kerja, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Duta Bangsa

  • N.P. Antariati Universitas Pendidikan Ganesha
  • K.R. Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.R. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Ekspektasi Karier, Motivasi Kerja, Pengalaman Kerja, Kesiapan kerja Siswa

Abstrak

Penelitian ini bermaksud memahami serta menyelisik kontribusi ekspektasi, motivasi kerja serta kesiapan kerja pada kesiapan kerja murid kelas XII SMK DUTA BANGSA. Pengkajian ini ialah penelitian ex-post facto. Populasi yang juga menjadi sampel di ulasan ini ialah 44 murid. Informasi dikumpulkan dengan kuesioner. Informasi dianalisis dengan regresi berganda, korelasi ganda, serta korelasi parsial. Ulasan membuktikan : 1) ada kontribusi yang signifikan ekspektasi karier pada kesiapan kerja SMK DUTA BANGSA, 2) ada kontribusi yang diterima  motivasi kerja pada kesiapan kerja SMK DUTA BANGSA lainnya, 3) ada kontribusi yang diterima sumbangan terhadap kesiapan kerja siswa SMK DUTA BANGSA, 4) terdapat sumbangan yang penerimaan antara harapan karir, motivasi kerja dan pengalaman kerja secara simultan terhadap kesiapan kerja siswa SMK DUTA BANGSA. Dengan temuan itu, bisa dipastikan harapan kerja awal dan pengalaman kerja berpengaruh signifikan pada kesiapan kerja siswa SMK DUTA BANGSA baik terpisah atau bersamaan.

Referensi

Agung, A. A. (2016). Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Baiti, R. D., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Career Self-Efficacy dan Kesiapan Kerja. Journal.

Basari, I. (2013). Disiplin Kerja dan Pengalaman Kerja terhadap kinerja Karyawan pada PT. Central Multi karya Bandung. Bandung, Jurnal Ilmiah, 41-57.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitin. Yogyakarta; Andi Offset.

Duwi Priyatno. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Ekoswara, A. K. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: alfabeta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badab Penerbit Universitas Diponegoro.

Kusumastuti, R. (2015). Pengaruh Penguasaan Teori Dan Ekspektasi Karir Terhadap Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMK N 10 Semarang. Semarang.

Kuswana, W, S. (2013). Filsafat Pendidikan Teknologi, Vokasi, dan Kejuruan. Bandung: Alfabeta.

Makki, B.I., D. (2015). The Relationship between Work Readiness Skills, Career Self-efficacy and Career Exploration among Engineering Graduates: A Proposed Framework. Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Natajaya, I. N. (2014). Problematika Kepemimpinan Pendidikan. Singaraja.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif. Bandung: Alfabeta.

Suniadi, N. N. A. (2013). Analisis Kontribusi Disiplin Belajar, Ekspektasi Karir, dan Motivasi Berprestasi Terhadap prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 3 Kediri. E.Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana Undiksha.

Tambunan, T. S. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uno, Hamzah B, dkk. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Ina Publikatama.

Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta : Andi.

Wulandari, Y. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berbicara Kompetensi Keahlian Multimedia dengan Kovariabel Ekspektasi Karir pada Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga di SMK PARIWISATA NUSA DUA. Program Studi Administrasi Pendidikan.

Diterbitkan
2021-12-30
Bagian
Articles