Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Disiplin Belajar, Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kejuruan Akomodasi Perhotelan Kelas XII Perhotelan di SMK Duta Bangsa Denpasar
Abstrak
Penelitianinibermaksuduntukmendeskripsikanbesarnyapengaruhvariabelyaitu: (1) kompetensipedagogik guru, (2) disiplinbelajar, (3) bimbingan orang tua, dan (4) motivasibelajarterhadaphasilbelajarsiswa SMK kelas XII. Perhotelan di SMK Duta Bangsa Denpasar. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas XII Perhotelan yang total 44 orang. Penelitianinidirancang ex-post-facto. Information dikumpulkandengankuesioner. Analisis information dikerjakandenganmenggunakanteknikregresisederhana, regresiberganda dan korelasiparsial. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa: (1) terdapatpengaruh yang signifikankompetensipedagogikguruterhadaphasilbelajarakomodasipembelajaran SMK kelas XII di SMK Duta Bangsa Denpasar dengansumbanganefektifsebesar 3%, (2 ) terdapatpengaruh yang signifikandisiplinbelajarterhadaphasilbelajarakomodasiperhotelankelas XII perhotelan di SMK Duta Bangsadengansumbanganefektifsebesar 68%, (3) terdapatpengaruh yang signifikanbimbingan orang tua pada hasilbelajarakomodasiperhotelankelas XII perhotelandi SMK Duta Bangsa Denpasar sumbanganefektifsebesar 5%, (4) terdapatpengaruh yang signifikanmotivasibelajarterhadaphasilbelajarakomodasiperhotelankelas XII perhotelan di SMK Duta Bangsa Denpasar dengansumbanganefektifsebesar 2%, (5) secarabersama-samaterdapatpengaruh yang signifikan g kompetensipedagogik, disiplinbelajar, bimbingan orang tua dan motivasibelajarterhadaphasilbelajarvokasiakomodasi inn kelas XII perhotelan di SMK Duta Bangsa Denpasar dengansumbanganefektifsebesar 78%. Dengandemikiankeempatvariabeltersebutdapatdigunakansebagaiprediktorpeningkatanhasilbelajarakomodasiperhotelantingkat XII Perhotelan di SMK Duta Bangsa Denpasar.
Referensi
Candiasa. 2010. Statistik Univariat dan Bivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha
Depdiknas.(2004). Kurikulum SMK Edisi 2004 Bagian I:Landasan, Program dan Pengembangan. Jakarta:Depdiknas Ditjen Dikdasmen Dikmenjur
Daradjat, Zakiah. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan Ke -10 Jakarta: Bumi Aksara.
Koyan, I Wayan. (2011). Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Koyan, Wayan. (2012 ).Statistik Pendidikan, Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Nurihsan. (2011). Bimbingan & Konseling. PT. Revika Aditama: Bandung.
Mahendra, I.B.O., Yudana, I.M., & Divayana, D.G.H.(2018). Kontribusi Status Sosial Ekonomi, Motivasi Berprestasi, Budaya Sekolah Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas IX Di SMP Kecamatan Gerokgak. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, Volume 2 nomor 2. Diakses 5 Juli 2021
Parwati, N.I.,Suryawan, I.P.P & Apsari, R.A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Ke-1 Depok: Rajawali Pers
Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta
Sadirman, A.M. 2018. Interkasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan Ke-24 Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada.
Sagala, Syaiful.2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: AFABETA, CV.
Sukmanasa. (2016). Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan
Sujarweni, V Wiratna. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sutrisno, Hadi. (2001). Analisis Regresi. Yogyakarta:Andi
Sedarmayanti. (2014). Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi. Bandung: PT. Refiks
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Aditama
Wibowo, Agus dan Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Yogykarta: Pusataka Pelajar
Wisna Ariawan, I Putu,Ardana, I Made & Sugiarta, I Made.( 2017). Paket Aplikasi Statistik. Cetakan Ke-1 Depok: PT Raja Grafindo Persada
Yuliantika. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Volume 9, Nomor 1. Diakses 15 Oktober 2020