Efektivitas Pelaksanaan Program Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler (BOS Reguler) di SMAN Bali Mandara Singaraja

  • I.P. Sudiarna Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.G. Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: BOS regular, model CIPP, efektifitas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler  (BOS Reguler)  di SMAN Bali Mandara  ditinjau dari variabel konteks, input, proses, dan produk. Penelitian ini adalah penelitian studi empirik (expost facto) dalam pelaksanaan evaluasi menggunakan model CIPP, dimana populasi penelitiam adalah sivitas SMAN Bali Mandara dengan sampel 35 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan skor standar atau Z- score yang selanjutnya ditranformasikan ke dalam  T-score. Untuk menentukan tingkat efektivitas pengguna dana BOS dilakukan dengan analisis terhadap variabel konteks, input, proses dan produk melalui analisis kuadran prototipe Glickman. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas program dana BOS Reguler  di SMAN Bali Mandara pada kategori sangat efektif  ditinjau dari variabel konteks sebesar 20,00%, variabel iput sebesar 42,86%, variabel proses sebesar 31,43%, dan variabel produk sebesar 37,14%. Secara keseluruhan hasil perhitungan variabel kontek, input, proses, dan produk secara bersamaan menghasilkan (+ + + +). Walaupun sangat efektif, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, yaitu pada variabel input dan proses. Disarankan (1) Kepala SMAN Bali Mandara untuk tetap melaksanakan kerjasama dan koordinasi dengan pemerintah agar di tahun mendatang pengelolaan dana BOS Reguler tetap dapat berjalan dengan baik, lancar dan efektif; (2) Pemerintah Provinsi Bali khususnya Disdikpora Provinsi Bali agar lebih memperhatikan dalam memberikan bimbingan pada setiap triwulan atau paling tidak setiap semester kepada sekolah terutama pada pelaporan dan pembukuan; (3) Ditjen PAUD Dikdasmen Kemdikbudristek memperhatikan jadwal penerimaan BOS Reguler agar jelas dan tidak terdapat perubahan juknis ditengah penggunaan jalan.

Referensi

Agung, A. A. Gede. 2018. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Depdiknas. 2003. Undang-undang R.I No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasiaonal. Jakarta: Depdiknas.

Kemendikbud, 2020. Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler. Jakarta: Kemendikbud.

Mulyaningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta : Alfabeta.

Musa, S. 2005. Evaluasi Program Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyrakat. Bandung: T-Pin Indonesia.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian dan Pendidikan, pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan
2022-07-01
Bagian
Articles