EVALUASI PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SKEMA PMP BERBASIS MODEL CIPP

Penulis

  • Luthfi Ilham Ramdhani Universitas Negeri Jakarta, Daerah Khusus Jakarta, Indonesia
  • Aip Badrujaman Universitas Negeri Jakarta, Daerah Khusus Jakarta, Indonesia
  • Faisal Madani Universitas Negeri Jakarta, Daerah Khusus Jakarta, Indonesia
  • Sugeng Priyanto Universitas Negeri Jakarta, Daerah Khusus Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v15i1.5664

Kata Kunci:

Evaluasi Program, Pengabdian kepada Masyarakat, Model CIPP, PMP, DRTPM

Abstrak

Meskipun pelaksanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PMP) di perguruan tinggi menunjukkan partisipasi dan sebaran pendanaan yang tinggi, efektivitasnya dalam mendukung pencapaian tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi belum dievaluasi secara komprehensif. Oleh karena itu, diperlukan suatu evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan program tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Pemula (PMP) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), Kemdikbudristek, dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Fokus utama diarahkan pada aspek Product, dengan mempertimbangkan keterkaitan sistemik dari keseluruhan komponen model. Data sekunder diperoleh dari 487 dokumen validasi luaran dan 105 laporan monitoring nasional, sementara data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap tiga informan kunci yang merupakan reviewer nasional sekaligus penyusun panduan program. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa capaian kuantitatif lima jenis luaran (artikel ilmiah, artikel populer/media massa, video, poster, dan keberdayaan mitra) relatif tinggi, namun kualitas substansi dan partisipasi mitra masih bervariasi. Kelemahan utama terletak pada tahap perencanaan program, kurangnya asesmen kebutuhan berbasis data, serta minimnya pelibatan mitra sebagai co-creator. Temuan ini menegaskan pentingnya revisi panduan pelaksanaan, penguatan kapasitas teknis pelaksana, serta validasi luaran berbasis mutu. Model CIPP terbukti efektif dalam mengidentifikasi akar permasalahan dan memberikan arah perbaikan program secara sistemik dan berkelanjutan.

Referensi

Akhadi, D. Y., and I. Shofwan. 2024. “Evaluation of the CIPP Model of the Sewing Training Program.” Journal of Nonformal Education 10(1):33–48. doi: 10.15294/jone.v10i1.1723.

Alfian, A. N., M. Y. Putra, R. W. Arifin, A. Barokah, A. Safei, and N. Julian. 2022. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ 5(1):75–84. doi: 10.31599/mwdwxy87.

Ananda, R. R., A. Suradi, and D. Ratnasari. 2022. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).” ISLAMIKA 4(3):224–236. doi: 10.36088/islamika.v4i3.1868.

Andri, Rakhmad Perkasa Harahap, Siti Aprizkiyandari, and Leony Agustine M. 2022. “Pendampingan Pembuatan Profil Kawasan Ekowisata Mangrove Telok Berdiri, Desa Sungai Kupah, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 3(2). doi: 10.55338/jpkmn.v3i2.382.

Aprilia, Rengga, Feby Eka Listinai, and Mufarrihul Hazin. 2024. “Evaluasi Program Kurikulum Merdeka Di Kabupaten Ponorogo Menggunakan Model CIPP.” JURNAL ILMIAH RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDENT 2(2). doi: 10.59024/jis.v2i2.768.

Baskoro, Danny Ajar, Indra Maipita, Fitrawaty, and Faisal Rahman Dongoran. 2023. “Digitalisasi Sistem Informasi Dan Administrasi Desa Sebagai Upaya Menuju Desa Cerdas Di Desa Kolam, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7(3):624-635. doi: 10.31849/dinamisia.v7i3.14339.

Dharma, Dwiasa Sambhawa, and Dhinar Mawanti Sauca. 2025. “Pembinaan Evaluasi Context Input Process Product Pada Praktik Pendidikan Ekonomi Di Pendidikan Dasar (Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama).” Jurnal Masyarakat Madani Indonesia 4(3):428–435,. doi: 10.59025/nfwn4b72.

Emilia, Herlina. 2022. “Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(3). doi: 10.37567/pkm.v2i3.1127.

Fitrah, Akidah, and Dodik Juliardi. 2023. “Dampak Belanja Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri, Rupiah Murni Dan Penerimaan Negara Bukan Pajak Terhadap Akreditasi Program Studi.” Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi 7(4):3220-3231. doi: 10.33395/owner.v7i4.1637.

Hashem, F., C. Marchand, S. Peckham, and A. Peckham. 2022. “What Are the Impacts of Setting up New Medical Schools? A Narrative Review.” BMC Medical Education 22:759. doi: 10.1186/s12909-022-03835-4.

Irawan, Edi, Yaya Sukjaya Kusumah, and Nur Kolis. 2023. “Evaluasi Program Pelatihan Penyusunan Jadwal Dengan ASC Timetable Menggunakan Model CIPP.” Transformasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 19(1). doi: 10.20414/transformasi.v19i1.6032.

Kim, C. M., B. R. Silverman, and C. Cortes. 2020. “The Challenges and Opportunities of Sustaining Academia-Sponsored Community Service Programs for Latinx Youth during the COVID-19 Pandemic.” Journal of Hispanic Higher Education 20(3):328–341. doi: 10.1177/1538192720980294.

Kurniawati, Esti Wahyu. 2020. “Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model CIPP (Context, Input, Process, Product).” GHAITSA : Islamic Education Journal 1(1):19-25. doi: 10.62159/ghaitsa.v5i3.168.

Martuti, N. K. T., I. Hidayah, M. Margunani, and R. B. Alafima. 2020. “Organic Material for Clean Production in the Batik Industry: A Case Study of Natural Batik Semarang, Indonesia.” Recycling 5(4):28. doi: 10.3390/recycling5040028.

Mateo-Berganza Díaz, M. M., and J. R. Lim. 2022. “The Power of Curriculum to Transform Education: How Education Systems Incorporate 21st Century Skills to Prepare Students for Today’s Challenges.” Inter-American Development Bank. doi: 10.18235/0004360.

Maulana, Muhamad Farhan, Inaz Putri Kamila, M. Sagos, Qomari Auliyah, Istiqomah Virginia, Ahmad Dani, and Kurnia Agus. 2024. “Peningkatan Motivasi Untuk Melanjutkan Pendidikan Melalui Pengabdian Berbasis Service Learning Di SMAN 8 Mataram.” Bhakti: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):102-115. doi: 10.71024/bhakti.2024.v1i2.159.

Meyer, M., M. Neumayr, and P. Rameder. 2019. “Students’ Community Service: Self-Selection and the Effects of Participation.” Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly 48(6):1162–1185. doi: 10.1177/0899764019848492.

Molope, M., and A. Oduaran. 2020. “Evaluation of the Community Development Practitioners’ Professional Development Programme: CIPP Model Application.” Development in Practice 30(2):194–206. doi: 10.1080/09614524.2019.1650894.

Muda, Wan Mukhtar Wan;, Noor Azmi Mohd; Zainol, Sayuti Ab; Ghani, Amnah Saayah; Ismail, and Rosmiza M. Z. 2022. “Peranan Pengurusan Dan Persekitaran Kolej Profesional MARA Dalam Pelaksanaan Program Mukmin Profesional (PMP) Terhadap Karakter Pelajar.” E-BANGI Journal 19(7):171. doi: 10.17576/ebangi.2022.1907.14.

Muna, Choirul. 2022. “Eksistensi Peran Mahasiswa Dalam Pengabdian Masyarakat.” Eastasouth Journal of Impactive Community Services (EJIMCS) 1(1). doi: 10.58812/ejimcs.v1i01.24.

Nababan, Adli Abdillah, Miftahul Jannah, and Fricles Ariwisanto Sianturi. 2022. “Pelatihan Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SIM-PPM) STMIK Pelita Nusantara.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 3(1). doi: 10.55338/jpkmn.v3i1.325.

Puspandari, Yenni, and Rahayu Retnaningsih. 2025. “Evaluasi Program Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Menggunakan Model CIPP.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan 4(1):6350–6354. doi: 10.31004/jerkin.v4i1.2805.

Putro, Guntur Suryo, Arfiany, and Yasni. 2024. “Analisis Dampak Sosial Dari Implementasi Program Pengabdian Berbasis Teknologi Di Pedesaan.” ABDI DAYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2(1). doi: 10.52421/abdidaya.v2i1.555.

Rianto, F., B. Jenawi, and R. Sujarwani. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ekowisata Pada Desa Pesisir Di Kabupaten Bintan.” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) 6(1):623–631. doi: 10.21067/jpm.v6i1.4049.

Rosmiyanti, Yanti, Nining Sugihartini, Indah Fitria Hafid, and Cindy Desrianti. 2024. “Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Dan Edukasi Penanganan Disminorea Pada Remaja Putri Di Smk Sehati Karawang.” E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):943-948. doi: 10.47492/eamal.v4i2.3538.

Sahri, M. Lutfi Al, and Zikri Alhadi. 2020. “Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (Boptn) Dalam Mendukung Program Kerja Organisasi Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang.” Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP) 1(3):56-60. doi: 10.24036/jmiap.v1i3.69.

Salamun, Ade. 2022. “Evaluasi Program Pemberdayaan Pada Yayasan Baitul Hikmah Dengan Model Context-Input-Proses-Product.” Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4(1). doi: 10.47467/reslaj.v4i1.504.

Silviariza, Waode Yunia, Sumarmi, Sugeng Utaya, and Syamsul Bachri. 2023. “Development of Evaluation Instruments to Measure the Quality of Spatial Problem Based Learning (SPBL): CIPP Framework.” International Journal of Instruction 16(2):413–36. doi: 10.29333/iji.2023.16223a.

Solihat, Soli, Titi Nurfitri, and Alisa Tri Nawarini. 2020. “Pengaruh Potensi Diri, Lingkungan Sekolah Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Di Man 1 Banyumas.” Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi 22(3). doi: 10.32424/jeba.v22i3.1645.

Tan, S. T. .., A. H. .. Santoso, F. .. Nathaniel, F. J. .. Mashadi, L. .. Soebrata, A. .. Mandalika, and D. A. .. Wijaya. 2023. “Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dalam Rangka Edukasi Dan Skrining Gula Darah Dan Anemia Dalam Rangka Menjaga Kesehatan Hidrasi Kulit.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(4):8688–8695. doi: 10.31004/cdj.v4i4.19802.

Turmuzi, Muhammad, I. Gede Ratnaya, Al Idrus, Syarifa Wahidah, Anak Agung Inten Paraniti, and I. Nyoman Bagus Suweta Nugraha. 2022. “Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Dan Product).” Jurnal Basicedu 6(4):7220–32. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3428.

Utami, Khairani Putri, Isfarudi, and Amalia Sapriati. 2025. “Evaluasi Program Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Kelompok Kerja Guru Dengan Model CIPP Di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Beji Kota Depok.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 8(2):643–660. doi: 10.30605/jsgp.8.2.2025.5892.

Wilsa, Asrizal Wahdan, Ani Rusilowati, and Edy Cahyono. 2023. “Evaluasi Program Plp Stkip Nu Indramayu Tahun 2023 Dengan Model CIPP.” JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN 14(1). doi: 10.21009/jep.v14i1.35778.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles