KIT STEM METAMORFOSIS (JELAJAH SIKLUS HIDUP HEWAN) UNTUK MENINGKATKAN POSITIVE RELATIONSHIP SISWA INKLUSI KELAS III SD

Penulis

  • Made Devi Adriyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v16i1.5679

Kata Kunci:

Inklusi, KIT STEM, Metamorfosis, Positive Relationship

Abstrak

Rendahnya interaksi positif antar siswa inklusi di kelas III SD menjadi tantangan bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan kolaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: menciptakan media KIT STEM Metamorfosis (Jelajah Siklus Hidup Hewan) untuk meningkatkan positive relationship siswa inklusi kelas III SD. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah dua orang ahli materi dan media pembelajaran, dua orang guru kelas III SD sebagai praktisi, dan tujuh orang siswa kelas III SD. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket/kuesioner dengan instrumen berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, lembar rating scale, serta angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIT STEM yang dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 1,00 menurut validator isi media dengan kualifikasi sangat tinggi. Respon guru terhadap KIT STEM mencapai 95% dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan respon siswa mencapai 95,4% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, KIT STEM Metamorfosis yang dikembangkan tidak hanya valid secara isi, tetapi juga mendapat penerimaan yang sangat positif dari guru dan siswa. Implikasinya, KIT STEM ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran inovatif untuk mendorong keterlibatan aktif, memperkuat interaksi sosial, serta mendukung pembelajaran sains yang inklusif di sekolah dasar

Referensi

Ainu Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099.

Ainun, D., Putra, P. D. A., & Budiarso, A. S. (2021). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pokok Bahasan Alat-Alat Optik dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 126–132. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.608.

Anggreani, K., Tafsira, N. A., Febriyani, T., & Syafitri, E. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Strategi Efektif. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 199–204. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.355.

Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.32135 .

Aswirna, P., Samad, D., Devi, I. S., Fahmi, R., & Jannah, R. (2022). STEM-Based E-Module Integrated Local Wisdom of Rice Stem Fertilizers on Students’ Critical and Creative Thinking. Al-Ta Lim Journal, 29(1), 15–23. https://doi.org/10.15548/jt.v29i1.764.

Chi Hyun, C., Martinus Tukiran, Laksmi Mayesti Wijayanti, Masduki Asbari, Agus Purwanto, & Priyono Budi Santoso. (2020). Piaget versus Vygotsky: Implikasi Pendidikan antara Persamaan dan Perbedaan. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 286–293. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3984748.

Darmayanti, N. W. S., Suantara, I. W., Astuti, N. P. E., Partini, N. K. S., Wulandari, K. Y., & Dari, N. K. A. U. (2023). Science Education Optimization: Evaluating the Impact of Science Kits on Improving Teacher Competence. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 13(1), 81–94. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v13i1.1609.

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22.

Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222–232. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725.

Dwita, L., & Susanah, S. (2020). Penerapan Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Dalam Pembelajaran Matematika Di Smk Pada Jurusan Bisnis Konstruksi Dan Properti. MATHEdunesa, 9(2), 276–286. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p276-286.

Fithri, S., Tenri, A. U., Artika, W., Nurmaliah, C., & Hasanuddin, H. (2021). Implementasi LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 555–564. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20816.

Fridayati, B. A., Lubis, M. R., Fitriatun, E., & Yusuf, R. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Dasar Inklusif. Discourse of Physical Education, 1(1), 41–56. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i1.606.

Gupta, U., & Zheng, R. Z. (2020). Cognitive Load in Solving Mathematics Problems: Validating the Role of Motivation and the Interaction Among Prior Knowledge, Worked Examples, and Task Difficulty. European Journal of STEM Education, 5(1), 05. https://doi.org/10.20897/ejsteme/9252.

Hasibuan, H. Y., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Pamungkas, A. S. (2020). Profil Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus Ragam Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Garuda Cendekia Jakarta. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 37–51. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.993.

Imam Syafi’i, L. R. (2022). Model Pengembangan Kurikulum Adaptif Pada Sekolah Inklusif. Jurnal Penelitian Medan Agama, 13(2), 67–72. https://doi.org/10.58836/jpma.v13i2.12386.

Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 406. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38502.

Khumairoh, A., & Pandin, M. G. R. (2022). Pentingnya Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Globalisasi Bagi Generasi Abad Ke-21. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 27–37.

Li, M.-M., & Tu, C.-C. (2024). Developing a Project-Based Learning Course Model Combined with the Think–Pair–Share Strategy to Enhance Creative Thinking Skills in Education Students. Education Sciences, 14(3), 233. https://doi.org/10.3390/educsci14030233.

Lumbanbatu, J. S., Sihotang, D. O., Waruwu, E., Ginting, E. B., Simamora, E., Siregar, M., & Manalu, S. Y. (2024). Implementation of Multiculturalism Values in Catholic Religious Education Lessons. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 5(1), 112–118. https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i1.1088.

Mahmud, M., & Cempaka, M. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Augmented Reality (AR). Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(2), 154–167. https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3818.

Margunayasa, I. G., & Riastini, P. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Nilai Karakter dalam Satua Bali. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(1), 16–24. https://doi.org/10.37216/aura.v2i1.460.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.

Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819.

Najib, M. K., Putra, R. B. A., Yuwono, C., & Putri, D. T. (2024). Implementasi Pembelajaran PJOK Pada ABK Sekolah Dasar Inklusi di Kecamatan Candisari Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 5(1), 184–200. https://journal.unnes.ac.id/journals/inapes.

Napitupulu, Y. E., Putra, M. J. A., & Witri, G. (2024). Pengaruh Model Inquiri Terbimbing Berbantuan KIT IPA terhadap Hasil Belajar IPAS SD. ANTHOR: Education and Learning Journal, 3(1), 28 – 33. https://doi.org/10.31004/anthor.v3i1.325.

Nazilatul Mukhlisoh, F., Holisin, I., & Kristanti, F. (2023). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Education and Teaching (JET), 4(2), 201–218. https://doi.org/10.51454/jet.v4i2.208.

Norris, C. M., Taylor, T. A., & Lummis, G. W. (2023). Fostering collaboration and creative thinking through extra-curricular challenges with primary and secondary students. Thinking Skills and Creativity, 48, 101296. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101296.

Nurtanto, M., Pardjono, P., Widarto, W., & Ramdani, S. D. (2020). The effect of STEM-EDP in professional learning on automotive engineering competence in vocational high school. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 633–649. https://doi.org/10.17478/JEGYS.645047.

Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40–51. https://doi.org/10.17509/jassi.v19i1.22711.

Owa, Y. K., Itu, M. A., Kero, M. A., & Ledu, M. G. G. (2023). Anak Berkebutuhan Khusus Dan Penerapannya Dalam Pendidikan Di Sekolah Dasar: Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 60–67. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2107.

Perkins, K. (2020). Transforming {STEM} Learning at Scale: {PhET} Interactive Simulations. Childhood Education, 96(4), 42–49. https://doi.org/10.1080/00094056.2020.1796451.

Pujianto, H. H., Marianus, S., & Rusmawati, R., D. (2020). Aplikasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak Tuna Rungu Siswa TKLB. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 390–398. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1728.

Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138–152. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152.

Rahayu, S., Artayasa, I. P., Makhrus, M., Kurniadin, M. Z., & Al Hadi, K. (2025). Pelatihan Pembuatan Media KIT IPA Berbasis STEM bagi Guru dan Siswa SMPN 6 Mataram untuk mendukung Joyfull Learning. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 479–483. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.9004.

Rizal, M., Suyono, S., & Harsiati, T. (2021). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Metasintesis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1827. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i12.15153.

Selamat, I. N. (2021). Keterampilan abad ke-21 pada pembelajaran sains dengan konteks socio-scientific issues di Indonesia: Tinjauan literatur sistematis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11(2), 14–21. https://doi.org/10.23887/jppii.v11i2.60895.

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-Stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754.

Vaziri, H., Tay, L., Parrigon, S., Bradburn, N., & Pawelski, J. O. (2019). STEM or Humanities? Toward a Balance of Interest Fit. Frontiers in Education, 4, 143. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00143.

Wedayanti, L. A., & Wiarta, I. W. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Matematika Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 113–122. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46320.

Wijaya, S., Supena, A., & Yufiarti. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347–357. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592.

Zulkarnaen, Z., Rahayu, S., & Artayasa, I. P. (2024). Pengembangan KIT IPA Materi Gerak Berbasis Project Based Learning Terintegrasi STEM Sebagai Sumber Belajar Inovatif. Journal of Classroom Action Research, 6(4), 881–886. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i4.7942.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Articles