SINERGI TIGA GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH: STUDI KASUS IMPLEMENTASI DEMOKRATIS, LAISSEZ-FAIRE, DAN TRANSFORMASIONAL DI SMAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v16i2.5710Kata Kunci:
Kepemimpinan Demokratis, Kepemimpinan Laissez-Faire, Kepemimpinan Transformasional, Manajemen Sekolah, Adaptasi KepemimpinanAbstrak
Tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan fasilitas, kendala sumber daya manusia, serta kebutuhan akan peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi gaya kepemimpinan demokratis, laissez-faire, dan transformasional yang diterapkan oleh kepala SMAN dalam menjalankan fungsi manajerial dan kepemimpinan pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan telaah dokumentasi sekolah. Subjek penelitian terdiri dari 1 kepala sekolah, 15 orang guru, 10 peserta didik, dan 5 tenaga kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis diterapkan dalam pengambilan keputusan strategis dan pembentukan kebijakan sekolah yang melibatkan berbagai pihak. Sementara itu, pendekatan laissez-faire digunakan dalam konteks pengembangan profesional guru dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, di mana kepala sekolah memberikan otonomi penuh kepada guru dan siswa. Di sisi lain, gaya kepemimpinan transformasional tercermin dalam visi kepemimpinan yang inspiratif, dorongan untuk inovasi pembelajaran, dan pembentukan budaya sekolah yang adaptif dan kolaboratif. Kombinasi ketiga gaya kepemimpinan ini menunjukkan efektivitas dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif, memberdayakan seluruh komponen sekolah, dan mendorong peningkatan mutu pendidikan. Implikasi dari penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya fleksibilitas dan sensitivitas kontekstual dalam kepemimpinan kepala sekolah di daerah yang sedang berkembang.
Referensi
A’yun, U. Q., Sulisworo, D., & Maryani, I. (2024). Transformational school leadership in Indonesia: A qualitative analysis. International Journal of Education and Learning, 6(3), 116–127. https://doi.org/10.31763/ijele.v6i3.1814.
Aditya, R. (2025). Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsN 2 Pangandaran. J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.62515/staf.v4i1.631.
Adwi, A., Zulkifar Mulyadi, D., & Dzulhaji Pratama Putra, A. (2024). Leadership Strategy in Facing Organizational Change: Case study within the Kendari City Government. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(4), 1227–1238. https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i4.2729.
Agustian, E., Hidayati, D., & Widodo, W. (2024). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Journal of Education and Teaching (JET), 5(3), 323–335. https://doi.org/10.51454/jet.v5i3.444.
Ambawani, C. S. L., Saputra, I., Kusuma, T. M. M., Sumardjoko, B., & Fathoni, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK. Journal of Education Research, 5(4), 4810–4823. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1578.
Anjani, N. F., & Dafit, F. (2021). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 481–488. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40828.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2021). Transformasional Leadership. London : Lawrence Erlbaum Associates, Inc., 282.
Cahyono, Y., Novitasari, D., Sihotang, M., Aman, M., Fahlevi, M., Nadeak, M., Siahaan, M., Asbari, M., & Purwanto, A. (2020). The Effect of Transformational Leadership Dimensions on Job Satisfaction and Organizational Commitment: Case Studies in Private University Lecturers. Solid State Technology, 63(1s), 158–184.
Fitriani, M. I. (2023). Adaptive Leadership: Concepts, Models and Their Actualisation Educational Institutions. El Midad; Jurnal Jurusan PHMI, 15(1), 1–14.
Hart, B. (2025). The Influence of Transformational Leadership of Principals and Teacher Work Discipline on Teacher Work Productivity. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 7(1), 82–90.
Hoque, K. E., & Raya, Z. T. (2023). Relationship between Principals’ Leadership Styles and Teachers’ Behavior. Behavioral Sciences (Basel, Switzerland), 13(2). https://doi.org/10.3390/bs13020111.
Idialita, Yusrizal, & Marwan. (2024). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi kerja terhadap komitmen guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SMA Kota Juang, Kabupaten Bireuen. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 19027–19037.
Kamal, F., Ridwan, & Kesuma, T. A. R. P. (2024). Laissez-faire leadership: a comprehensive systematic review for effective education practices. Journal of Education and Learning, 18(4), 1460–1467. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i4.21407.
Kamalia, A. Z., & Nawangsih, I. (2025). Identifikasi Pola Tingkat Kesenjangan Ketuntasan Pendidikan Di Indonesia Dengan Menggunakan Metode K-Medoids Clustering. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 12(2), 321–330. https://doi.org/10.25126/jtiik.2025129219.
Kasmiatun, K., Metalin, A., & Muhimmah, H. A. (2025). The Role of Transformational Leadership in Improving Teacher Performance in the Implementation of Character-Based Learning in Elementary Schools: Systematic Literature Review. Journal of the American Institute, 2(6), 768–772. https://doi.org/10.71364/cwda2205.
Kesuma, B. J., Sudrajat, A., & Purwanto, A. J. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Gugus V Kecamatan Kemayoran. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1329.
Kusumawardani, A. M., & Fajria Maulida, A. (2025). Peran Kepala Sekolah Dan Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sdn Bedono 03. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 9(1), 2246–6111.
Mulyadi. (2025). Model Kepemimpinan Transformasional dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan.
Muslimatun. (2021). Kepemimpinan Transformasional Bidang Pendidikan dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Negeri Sudirman Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang. 17, 302.
Pratiwi, N. L. A. M., & Negara, I. G. A. O. (2021). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 84–90. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32884.
Riyadi, R., & Ghuzini, D. (2022). Ketimpangan pendidikan dan pendapatan serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Jurnal Kependudukan Indonesia, 16(2), 139. https://doi.org/10.14203/jki.v16i2.593.
Safrida, U. R., Usman, N., & Bahrun, B. (2025). Situational Leadership in the Era of Independent Learning: Strategies for Improving Educational Quality. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 138–151. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v9i1.10281.
Salsabila, E. N., Fitri, N., Putri, R., & Wildan, M. A. (2024). Peran Kepemimpinan Transformasional Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. J-CEKI Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 727–739.
Sentana, I. K. J., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Resiliensi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 104–115. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32082.
Simatupang, R. M., Nabila Anggriany, & Dahniar Fitri. (2023). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(3), 174–179. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.771.
Sunaedi, A., Rudji, H., & Muhammadiyah Palu, U. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership, 02(02), 2023. https://doi.org/10.56338/jemil.v2i2.4052.
Tiftazani, S., Trihantoyo, S., Roesminingsih, E., & Khamidi, A. (2025). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Organisasi Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 07(01), 1.
Tusianti, E., & Prihatinningsih, D. R. (2020). Analisis Isu Terkini Provinsi Sulawesi Selatan. In Badan Pusat Statistik Provinsi Selawesi Selatan (Vol. 5).
Wati, D. P., Wahyuni, N., Fatayan, A., & Bachrudin, A. A. (2022). Analisis kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7970–7977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3684.
Wilson Heenan, I., De Paor, D., Lafferty, N., & Mannix McNamara, P. (2023). The Impact of Transformational School Leadership on School Staff and School Culture in Primary Schools—A Systematic Review of International Literature. Societies, 13(6). https://doi.org/10.3390/soc13060133.
Zuliyanti, T. R., & Zaka Hadikusuma Ramadan. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1474–14887. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6305.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Besse Herlina, Sitti Aminah, Wahyuddin, Hairawati, Hasriani, Rahmawati, Ratnawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








