MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v16i1.5750Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, VideoScribeAbstrak
Masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik belajar siswa sekolah dasar. Kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif guna mendukung proses pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis VideoScribe yang diintegrasikan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada siswa kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD berjumlah 21 orang. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media VideoScribe yang dirancang dinilai sangat layak berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan respon positif dari guru dan siswa. Uji coba terbatas di kelas IV menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa serta pemahaman terhadap materi pelajaran. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis VideoScribe yang terintegrasi dengan pendekatan CTL efektif digunakan dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa pengembangan media berbasis teknologi yang disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat menjadi alternatif strategis dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar, serta dapat dijadikan referensi bagi guru maupun pengembang media dalam menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna.
Referensi
Adnyanawati, N. W., & Abadi, I. B. G. S. (2021). Plant Parts and Their Functions Visualized Through E-Storybook Learning Media: Is It Feasible? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 158–166. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32992.
Aeni, N., Muhardini, S., & Muhdar, S. (2024). The Effects of CTL And PjBL Models Assisted by Diorama Media on Students’ Creative Thinking Abilities. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(3), 472–481. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v12i3.76468.
Afnita, N., Sari, D. P., Arafat, A., Putra, F. W., & Wandi, J. I. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 7(2), 126–130. https://doi.org/10.26740/jp.v7n2.p126-130
Avania, W. F., & Sholikhah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2531–2538. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.885
Ayshara, F. D., & Kamil, K. (2025). Pemanfaatan Media Interaktif Untuk Mengatasi Kejenuhan Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SD Citra Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(2), 3053–3066. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i2.18677.
Cindika, P. A., Sartika, A. D., Bela, B. S., Anggraini, L. I., Wulandari, P., & Indayana, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipas Sd/Mi. Journal Development and Research in Education, 3(2), 51–65.
Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257
Febrianto, A., & Saputra, N. (2021). Pelatihan media pembelajaran inovatif dengan videoscribe bagi guru SDN Malangrejo. Community Empowerment, 6(1), 24–28. https://doi.org/10.31603/ce.3835.
Firmansah, D., & Firdaus, D. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Tema 3 Kelas III. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 145–158.
Hendra, R. J., Yuspita, Y. E., Darmawati, G., & Annas, F. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Teknologi Jaringan Kabel Dan Nirkabel Berbasis Animasi Menggunakan Kinemaster. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 126–134. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1917.
Imanulhaq, R., & Ichsan, I. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Waniambey: Journal of Islamic Education, 3(2), 126–134.
K.A. Nalasari, N.K. Suarni, & I.M.C. Wibawa. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658
Kristanti, N. N. D., & Sujana, I. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan IPS pada Materi Kenampakan Alam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 202–213. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.46908.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.
Nafisah, L., Saputro, G. E., Alfina Muzdalifah, & Sofinatur Rohmah. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual pada Pembuatan Komik Mengaitkan Mata Pelajaran Matematika dengan Materi Kejuruan Tata Busana di SMK Negeri 3 Kudus. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2177
Prihatini, K. P., Santi, N. N., & Hunaifi, A. A. (2023). Pengembangan Media Video Berbasis Separkol Videoscribe pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VI SDN Mrican 1 Kota Kediri. 7(1), 15704–15709.
Putri, I., Nurkifayati, N., Lisfani, L., Inayah, A., & Syafruddin, S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran CTL Berorientasi Kearifan Lokaluntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pesona Indonesia, 2(2), 53–58. https://doi.org/10.71436/jpi.v2i2.33.
Rahmi, G., Abuddin, A., & Khadijah, S. (2024). Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model CTL Di SDN Cireundeu 01. Jurnal Education And Development, 12(3), 445–450. https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.6072.
Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78–84. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.736.
Rosada, M., Fakhrudin, A., & Lubis, P. H. M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Berorientasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pembelajaran IPA Kelas V SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 1–23.
Rubiyah, S., Dasmo, D., & Suhendri, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Dan Avs Video Editor Untuk Siswa Kelas X Smk Mahadhika 2 Jakarta Timur. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 107–118. https://doi.org/10.30998/Sch.V1i2.3140.
Sanjaya, I. G. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Belajar Kognitif Jean Piaget Tahap Operasional Konkret Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(1), 134–141. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i1.679 .
Saragi, R., & Tegeh, I. M. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98–107. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538
Shah, K., Ramadhan, M. F., Harto, K., & Suryana, E. (2025). Inovasi Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 85–94. https://doi.org/10.58230/27454312.1614.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (Sutopo (ed.); kedua). Alfabeta.
Sukmana, A. I. W. I. Y., Permana, A. A., & Sudatha, I. G. W. (2023). Game Based Learning Interactive Multimedia in Improving Thematic Learning Achievement of Third Grade Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(2), 219–227. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.60622
Suncaka, E. (2023). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Manajement Dan Pendidikan, 2(3), 36–49.
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93.
Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203–210. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111.
Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat Dan Perubahannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281.
Yulia, P., Dewi, A., & Hengki Primayana, K. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Flower Nicanta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








