MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV

Penulis

  • Ketut Ella Ariseptiani Fournica Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Dewa Gede Firstia Wirabrata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v16i1.5801

Kata Kunci:

Team Games Tournament, teka-teki silang, motivasi belajar, hasil belajar IPAS

Abstrak

Motivasi belajar dan hasil belajar IPAS siswa sekolah dasar masih tergolong rendah akibat pendekatan pembelajaran yang bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Team Games Tournament (TGT) berbantuan teka-teki silang terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dan desain non-equivalent post-test only control group design. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar IPAS berupa pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan teknik statistik parametrik, yaitu uji-t (independent sample t-test), setelah melalui uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis MANOVA yang disajikan pada tabel 4.15 didapatkan bahwa nilai signifikansi masing-masing untuk Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root kurang dari 0,05, sehingga H0 ditolak. Simpulan penelitian menunjukkan model TGT berbantuan teka-teki silang berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPAS siswa. Implikasi penelitian ini menunjukkan pembelajaran berbasis TGT dengan dukungan media teka-teki silang dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar

Referensi

Andrian Petrus Sirait, David Berthony Manalu, & Basar Lolo Siahaan. (2023). The Effect Of Using Audio Lingual Method In The Listening Comprehension Of Grade Ten Students Of SMA Swasta Kampus Nommensen Pematang Siantar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(4), 513–525. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i4.464

Avipa, U., Istiningsih, S., Erfan, M., & Novitasari, S. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 359–368.

Candra, I. G. M. S. A., Uloli, H., & Rauf, F. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga Continously Variable Transmission (Cvt) Sepeda Motor. Jambura Journal of Engineering Education, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.37905/jjee.v1i1.14807

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Dewi, D. G. M. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2024). Media Komik Digital Berbasis Kontekstual Muatan PPKn Materi Pengamalan Sila Pancasila untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 318–326. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.78869

Dewi, Lasmawan, I. W., & Margunayasa., I. G. (2024). Team Game Tournament Cooperative Learning Model Based on Problem Solving Impact on Collaboration Ability and Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 254–265. https://doi.org/10.23887/jipp.v8i2.74368.

Dewi, S. A., & Ary, D. (2024). Development of E-Module Material on Recognizing the Environment With Dance. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(9), 6835–6842. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i9.8495.

Divayanti, N. P. N., Sanjaya, D. B., & Sujana, I. P. W. M. (2025). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana Untuk Menanamkan Sikap Bekerja Sama Dan Bergotong Royong. Ganesha Civic Education Journal, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.23887/gancej.v7i1.4988

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Fauzan, A., & Nurahayu, F. J. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SekolahDasar Negeri Sukamandi VII. SINAU: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), 1–23. https://doi.org/10.37842/sinau.v6i1.23.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Fitriani, N. (2021). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Dan Efektivitas Pengecoh Soal Pelatihan Kewaspadaan Kegawatdaruratan Maternal Dan Neonatal. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 199. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4956

Hendra, Y., & Rahayu, T. (2021). The Effectiveness of Teams Games Tournament (TGT) and Make A Match Learning Models on Collaboration Ability in Science Learning - Meta-Analysis. International Journal of Elementary Education, 4(4), 510–518. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.30205.

Kristianingsih, N. K. S., Margunayasa, I. G., & Yudiana, K. (2022). Media Pembelajaran Komik Digital Bermuatan Kearifan Lokal Bali Pada Materi Teks Fiksi Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 375–386. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50967

Lestari, F. D., & Sari, P. M. (2021). Media Pop-Up Book Berbasis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) pada Daur Hidup Hewan. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 206. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38644

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas Iii Sdn Karet 1 Sepatan. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 198–214.

Marheni, N. K., Jampel, i N., & Suwatra, I. I. W. (2020). Model STAD Berpengaruh terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 351–361. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27414

Mazhar, H. A., & Priambodo, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT terhadap Kerja Sama dan Hasil Belajar Lay-Up Shoot. Jurnal Basicedu, 7(3), 1893–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5828.

Mertayasa, I. W. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 48–57. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.41914.

Mugiyatmi, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 334–340. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24631

Mulyadi, M., Nurdiansyah, E., Rachman, S. A., & Sadaruddin, S. (2023). the Effect of Ice Breaking on Motivating Grade Iv Students To Learn Science. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 26(2), 256–269. https://doi.org/10.24252/lp.2023v26n2i3

Nurdahri, N. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui penerapan model pembelajaran mind mapping Siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(3), 299–306. https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i3.2294

Pardana, S. B., & Hidayati, N. (2024). Video Dalam Proses Pembelajaran: Peran Pentingnya Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 628–634. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3352

Perdana, R. P., Supriatna, E., Yanti, N., & Suryadi, D. (2023). Team Game Tournament (TGT)-type cooperative learning model: How does it affect the learning outcomes of football shooting? Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(1), 86–96. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i6.4620.

Permana, B. A., Kelompok, B., & Partisipan, T. M. (2025). Strategi Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMK Kelas 10 Jurusan Pemasaran Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok. Jurnal Psikologi, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i2.3788

Rahitasari, N. P. R., Arta, K. S., & Pardi, I. W. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal Nyama Bali-Nyama Selam Untuk Meningkatkan Toleransi Beragama Di Sma Negeri 4 Singaraja. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(2), 147–159. https://doi.org/10.23887/jjps.v11i2.65617

Rahman, S. A., Permata, B. D., & Wita, G. (2024). Efektivitas Implementasi Moving Class Pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Didaktika Jurnal Kependidikan, 13(3), 2801–2814. https://doi.org/10.58230/27454312.770

Rahmawati, L., Ambulani, N., Desty Febrian, W., Widyatiningtyas, R., & Sukma Rita, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 5(1), 129–136. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24151

Rosyana, A., Ilhamdi, M. L., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 302–309. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2473

Sucipto, S., Sumpena, A., & Wicaksono, M. A. M. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Tradisional dan Kooperatif Dalam Peningkatan Keterampilan Bermain Futsal. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(2), 561–575. https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.8417

Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 320. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865

Sujanem, R., & Putu Suwindra, I. N. (2023). Problem-Based Interactive Physics E-module in Physics Learning Through Blended PBL To Enhance Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(1), 135–145. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i1.39971

Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi dalam Pendidikan Modern. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3325

T.A.S. Putri, A. Suriansyah, & R. Purwanti. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Peta Pintar Pada Siswa Sekolah Dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 287–309. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2632

Tusyadi, N. A., Erwin, & Pranata, K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa IPA. Jurnal Educatio, 7(4), 1659–1664. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1500

Utomo, P., Arifin, S., Tinggi, S., & Pemuda, I. E. (2020). Pengaruh Pemahaman Ekonomi, Dan Pemahaman Literasi Terhadap Kecerdasan Financial Pada Mahasiswa Penghafal Alqur’an. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi, 13(2), 135–146. https://doi.org/10.58431/jumpa.v13i2.150

Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633

Wulandari, N. K. A. N., Ganing, N. N., & Wiyasa, I. K. N. (2023). Komik Bergambar Pancasila sebagai Nilai Kehidupan: Upaya Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 140–148. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i2.66332

Wulandini, N. P. W., Wiweka, I. W. E., & Bayu, G. W. (2021). Efektivitas metode diskusi pada pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 143–149. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.35938.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Articles