PERAN STRATEGIS ADMINISTRASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI

Penulis

  • Hana Supratna STAI Idrisiyyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Asep Deni STAI Idrisiyyah, Tasikmalaya, Indonesia
  • Tsani Tsamrotul Fuadah STAI Idrisiyyah, Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v16i1.5843

Kata Kunci:

Administrasi Sekolah, Perkembangan Fisik Motorik, Anak Usia Dini, TPA

Abstrak

Pentingnya masa emas dalam perkembangan manusia, di mana stimulasi lingkungan dan manajemen pendidikan yang efektif menjadi faktor kunci dalam mencapai pertumbuhan yang optimal Permasalahan utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah efektivitas administrasi dalam mengelola program pendidikan, efektivitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan kesulitan dalam pelaksanaan kebijakan. Penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi administrasi sekolah dapat meningkatkan perkembangan fisik dan motorik anak-anak yang terdaftar di TPA Idrisiyyah Daycare. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan perwakilan sekolah dan guru, serta analisis kurikulum. Berdasarkan temuan penelitian, pihak administrasi sekolah memiliki peran penting dalam memastikan bahwa kurikulum berbasis permainan, mengoptimalkan pembelajaran siswa, dan meningkatkan standar SDM pendidik. Fokus utama penelitian ini adalah pada hubungan antara kurikulum dan kebutuhan anak, serta keterbatasan tenaga pengasuh yang berkualitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa administrasi yang inovatif dan terstruktur dengan baik dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik anak melalui rekomendasi pelatihan guru dan kolaborasi dengan peserta didik lainnya

Referensi

Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219–234. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09

Alviani Sum, T. (2023). analisis penyelenggaraan taman penitipan anak. Https://Ejournal.Umisba.Ac.Id, 7(2), 293–300. https://doi.org/10.29313/ga

Andriani, N. L. M. D., & Wiarta, I. W. (2021). Dampak Pemberian Tugas Berbantuan Video Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 334–341. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37601.

Anisa, I., Monicha, W., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Pembelajaran di Kelompok Bermain (KB). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(1), 175–187.

Damayanti, E., Amaliah, A. R., Tasnim, A., Susanti, N. A., Rezky, N., & Syarran, N. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Manajemen Administrasi. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 99. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i2.11580

Damayanti, E., & Nasrul, M. A. (2020). Capaian Perkembangan Fisik Motorik Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 3-4 Tahun. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 67–80. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2699

Dina, F. (2022). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Fernanda, R. P., Wahyuni, S., Hasniati, H., Pamita Sari, R., Istiqomah, N., & Oktamarina, L. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Dan Pembelajaran Di Bananna Daycare. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(02), 211–220. https://doi.org/10.62668/hypothesis.v2i02.883

Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87

Ganesha, U. P. (2025). KIDDY CLUB SINGARAJA SEBAGAI LEMBAGA SOSIAL DALAM PENGASUHAN SEKUNDER. 5(3), 553–565.

Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Laihat, L., Kurniah, N., Zulaiha, D., Siregar, R. R., Pagarwati, L. D. A., & Noviyanti, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi 2D Materi Regulasi Diri untuk Masa Transisi ke SD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 637–646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3632

Islami, A., Rahayu, S. H., Rukhiyah, Y., Fauzia, W., Umayah, & Tatu Dinar Rahmalia. (2023). Posyandu Sebagai Sentra Pendidikan Masyarakat Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 13–22. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.9304.

Khairunnisa, N. (2020). Manajemen Taman Penitipan Anak (Daycare). PG PAUD Universitas Negeri Padang.

Kurniawati, Y., & Nugroho, R. (2021). Hubungan Layanan Anak Usia Dini Pada Program “ Day Care” Dengan Tingkat Kepuasan Orang Tua Di Tpa Adni Islamic English School Wiyung Surabaya. 1–7.

Kusumawati, D. (2017). Manajemen Sarana Prasarana Di Day Care Baby’S Home Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p17-25

Levine, Ratliff, C. (2012). Early puzzle play. Developmental Psychology, 48(2), 530–542. https://doi.org/10.1037/a0025913.Early

Monicha, W. M., & Fitri, I. (2022). Penerapan Prinsip Penyelenggaraan TPA. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 51–66. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13639

Muhammad Riza, A. S. (2018). Deteksi Perkembangan Kompetensi Motorik Anak Di PAUD NADILA KEC. Bebesen Kab. Aceh Tengah. Jurnal As-Salam, 2(3), 42–51. https://doi.org/10.37249/as-salam.v2i3.97

Multidisipliner, J. S., Aziz, M., Putriana, A., Daulay, S. A., Rahmadani, K. S., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Peran strategis administrasi pendidikan di sekolah sd it nur hikmatika. 8(6), 365–371.

Nasution, U. S., Dewi, M., & Azmi, S. R. M. (2021). Meningkatkan motorik anak usia dini dengan bercocok tanam. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 17–20. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.528.

Nurdin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Mendongeng di Masa Pandemi Covid 19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.75

Nurkamelia. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta Nurkamelia. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112–136.

Permana, L. P., Nurdin, Z. S., Hidayaty, D. E., Pertiwi, S., & Sandi, H. (2023). Manfaat Sumber Daya Manusia Pada Bidang Jasa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Daycare. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 595–601.

Puspita, H. (2019). Kelekatan Anak dengan Pengasuh Tempat Penitipan Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 49–55. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5374

Rahmawati, M. E. (2022). Efektivitas Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah Yang Dirawat Orang Tua Dan Tempat Penitipan Anak Di Tk Islam Bakti 06 Nangsri. 12–69.

Rizkita, D. (2017). Pengaruh Standar Kualitas Taman Penitian Anak (Tpa) Terhadap Motivasi Dan Kepuasaan Orangtua (Pengguna) Untuk Memilih Pelayanan Tpa Yang Tepat. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.46

Rizkita, D., & Marliana, S. . (2024). Identifikasi Kualitas Layanan Taman Penitipan. 176–190.

Romlah, R., & Sagala, R. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Taman Penitipan Anak di Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1207

Sinaga, J. D., Marheni, A. K. I., & Anggadewi, B. E. T. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepengasuhan Berbasis Experiential Learning Bagi Pengasuh Dan Orang Tua Siswa Pra Sekolah Dan Day Care. SHARE “SHaring - Action - REflection,” 8(2), 150–158. https://doi.org/10.9744/share.8.2.150-158

Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326.

Sugiono. (2017). metode penelitian kualitatif. alfabeta.

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(01), 93–107.

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis faktor optimalisasi golden age anak usia dini studi kasus di kota cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088.

Trivina, HerdianI, R. T., Vienlentia, R., Mulyani, Suriswo, Haryani, N., Nurhayati, S. A., Lelyana, N., Yuniarni, D., Hartinah, S., Sulaiman, F. S. N., & Iratna Dewi. (2020). Perkembangan anak usia dini. Bimbingan Konseling Anak Usia Dini. In Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling (Vol. 3, Issue 2).

Utami, I. B., Niam, M., Hakim, S. N., Nuritasari, L., Wulandari, M. D., Utami, R. D., & Mukhlishina, I. (2024). Pelayanan Sosial dalam Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Happy Kidz Baby Spa & Daycare Kota Madiun. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 76–90. https://doi.org/10.23917/jkk.v3i2.278

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Articles