MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS VI ABIANSEMAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v16i1.5888Kata Kunci:
Teams Games Tournament (TGT), kemampuan kolaborasi, hasil belajar IPA, pembelajaran kooperatifAbstrak
Model pembelajaran konvensional yang sering digunakan di sekolah dasar cenderung berpusat pada guru dan kurang memberikan peluang bagi siswa untuk berkolaborasi dan belajar secara aktif. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abiansemal, yang terdiri dari kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan model TGT dan kelompok kontrol yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen, melibatkan analisis data kuantitatif melalui uji normalitas, homogenitas, ANOVA, dan MANOVA untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diajarkan dengan model TGT dan kelompok siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Rata-rata skor kemampuan kolaborasi dan hasil belajar IPA siswa pada kelompok TGT berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan kelompok konvensional berada pada kategori tinggi. Model TGT terbukti mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung interaksi sosial, meningkatkan motivasi siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model TGT dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 seperti kolaborasi dan berpikir kritis, sehingga direkomendasikan untuk diimplementasikan secara luas di sekolah dasar dan dikembangkan lebih lanjut pada jenjang pendidikan yang berbeda
Referensi
Amirullah, G., Suciati, R., Susilo, S., & Handayani, D. (2019). Pengaruh Strategi Predict Observe Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. BIODIK, 5(2), 173–180. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7165
Andini, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/JMT.V2I1.44839
Atta, H. B., Vlorensius, V., & Hidayat, R. (2020). Mengukur keefektifan penggunaan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan keaktifan siswa smp pada pelajaran ipa. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 93–101. https://doi.org/10.37577/jp3m.v2i1.194
Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar matematika siswa sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.405
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277
Darmansah, T. (2023). Peran Pengawas Pendidikan Dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i1.179
Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1033–1042. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.386
Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar Ipa Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V Sdn 3 Panjerejo Di Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 87. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1628
Fadila, P. N., Kesumawati, N., & Sukardi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa SD. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 1474–1481. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5153
Fadzam, I. A., & Rokhimawan, M. A. (2020). Analisis Materi Ipa Kelas Iv Tema Indahnya Kebersamaan Dengan HOTS. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(1). https://doi.org/10.22373/jid.v21i1.5970.
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338
Hamidah, A., Tri Murdiyanto, & Lukman El Hakim. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 7 Jakarta. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 5(2), 61–70. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.07
Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2019). Modul pembelajaran problem-based learning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.23337
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Ismah, Z., & Ernawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Ditinjau Dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 82–85. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 124–128. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20
Munda, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 687–716. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.1036
Ningsih, P. O., Alkhasanah, N., Isnaini, Y. F., Maulana, I., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Penerapan model project based learning dengan pendekatan tpack pada pembelajaran ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 707–721. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1904
Nur, A. M., Nasrah, N., & Amal, A. (2022). Blended Learning: Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi PGSD. Jurnal Basicedu, 6(1), 1263–1276. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2189
Nurwulan, D. A., Ardianti, S. D., & Fajrie, N. (2023). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantu Media Ethno-Puzzle terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. AS-SABIQUN, 5(2), 431–440. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.2941
Parhusip, G. D., Kristanto, Y. D., & Partini, P. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 293–306. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.13816
Purwaningsih, E., Sari, S. P., Sari, A. M., & Suryadi, A. (2020). The Effect of STEM-PjBL and Discovery Learning on Improving Students’ Problem-Solving Skills of Impulse and Momentum Topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 465–476. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.26432
Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA Di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Jip Jurnal Ilmiah Pgmi, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1377
Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64.
Rahmawati, S., Paradia, P. A., & Noor, F. M. (2021). Meta Analisis Media Pembelajaran Ipa Smp/Mts Berbasis Virtual Reality. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.752
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644–2652. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1250
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Sulistiyani, S., Budi, G. S., Wijayanti, E., & Dinata, P. A. C. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor di Kelas VII SMP. GAMAPROIONUKLEUS, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37304/jpmipa.v1i1.2053
Sunarsih, S., Rahayuningsih, M., & Setiati, N. (2020). The Development of Biodiversity Module Using Discovery Learning Based on Local Potential of Wonosobo. Journal of Innovative Science Education, 9(1), 1–11.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.
Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898
Sya’adah, U., Sutrisno, S., & Happy, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) Berbantuan Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 147–158. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15073
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Vashti, T. A., Hairida, H., & Hadi, L. (2020). Deskripsi kemampuan literasi sains siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. EduChem, 1(2). https://doi.org/10.26418/educhem.v1i2.41108
Viona, V., Aryaningrum, K., & Ayurachmawati, P. (2022). Peran Orang tua dalam Penanaman Karakter Tanggung Jawab Belajar pada Siswa SDN 36 Rantau Bayur. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 356–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2591
Wati, H. B., Listyarini, I., Sudiyono, S., & Artharina, F. P. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 105–112. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.385
Wibawa, I. M. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Asesmen Kinerja Terhadap Penguasaan Konsep IPA, Sikap Ilmiah, dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SDN di Kota Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan aplikasi QR code terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12023
Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–34. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.589
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ni Nyoman Artini, I Nyoman Jampel, Ketut Suma

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








