MEDIA E-KOMIK TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN YANG BENAR PADA SISWA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Kristina Lessy Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v15i2.5896

Kata Kunci:

Digital Comic, Clean and Healthy Living Behavior, Handwashing, Early Childhood Class

Abstrak

Anak-anak di Indonesia, terutama yang berada di lingkungan pendidikan, masih rentan terhadap berbagai penyakit menular, termasuk diare dan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media e-komik terhadap peningkatan keterampilan mencuci tangan yang baik dan benar pada anak usia dini sebagai bagian dari pendidikan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis one-group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak kelompok B usia 5–6 tahun. Intervensi dilakukan melalui pembelajaran dengan media e-komik bertema PHBS yang dirancang untuk mengajarkan prosedur mencuci tangan sesuai standar kesehatan. Data dikumpulkan melalui lembar kerja anak (LKA), lembar observasi, dan angket guru. Hasil uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest (t = -12,114; p < 0,05), dengan rata-rata skor meningkat dari 11,50 menjadi 28,00. Meskipun korelasi antara kedua skor tergolong lemah dan tidak signifikan (r = 0,206; p = 0,383), peningkatan skor secara keseluruhan mengindikasikan efektivitas intervensi. Data observasi menunjukkan peningkatan antusiasme dan keterampilan mencuci tangan anak, sedangkan respons guru terhadap media mencapai 98% dalam kategori sangat efektif. Hasil ini menyimpulkan bahwa media e-komik tidak hanya meningkatkan pemahaman kognitif, tetapi juga mendukung perubahan perilaku anak. Oleh karena itu, media e-komik direkomendasikan sebagai alat pembelajaran yang menarik dan edukatif dalam pendidikan PHBS di usia dini.

Referensi

Afriana, S., & Prastowo, A. (2022). Penggunaan media pembelajaran e-comic dalam menumbuhkan motivasi dan antusiasme belajar peserta didik sekolah dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 1-10. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11089

Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243–251. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156

Atikah, S., Rotinsulu, R. A. J., Imanuel, Y. A., & Mangantar, D. (2023). Mengembangkan kreativitas anak usia dini dan pendidikan kesehatan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) di TK GMIM Hosana Pineleng. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 5(1), 118–125. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i1.339

Aulina, C. N., & Astutik, Y. (2018). Peningkatan Kesehatan Anak Usia Dini dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Kecamatan Candi Sidoarjo. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50–58. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.1480

Aulina, C. N., & Astutik, Y. (2019). Peningkatan Kesehatan Anak Usia Dini dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Kecamatan Candi Sidoarjo. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.1480

Febrianti, Y., Samidah, I., & Tepi, D. (2022). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, Dan Karakteristik Dengan Perilaku Ibu Dalam Pencegahan Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Beringin Raya Kota Bengkulu Tahun 2022. Journal Of Nursing And Public Health, 10(2), 148-155. https://doi.org/10.37676/Jnph.V10i2.3160

Hapidin, Syarah, E. S., Pujianti, Y., & Gunarti, W. (2022). Instilling Children’s Ocean Literacy Through Comic Media: STEAM to R-SLAMET Learning Design for ECE educators. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1), 1–16. https://doi.org/10.21009/jpud.161.01

Hasibuan, K., Siregar, H. R. N., & Rangkuti, N. A. (2023). Penyuluhan dan Praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Cuci Tangan 6 Langkah di SDN 200120 Padang Sidempuan Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan (Abdigermas), 1(1), 7–11. https://doi.org/10.58723/abdigermas.v1i1.4

Hendawati, H., Faturrahman, M. D., Lukita, H., Khotimah, H., Simanjuntak, G. F., Tsaqila, N. Q., & Aulia, E. (2024). Pemberdayaan masyarakat dalam penerapan PHBS untuk pengendalian jentik nyamuk Aedes aegypti di Kelurahan Sungai Pangeran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 6(4), 43–54. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v6i4.577

Hobri, Murtikusuma, R. P., & Hermawan, L. I. (2019). Development of e-comic using pixton and kelase web on linear program of two variables assisted by geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1265(012010). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1265/1/012010

Ismiyanti, Y., Mayasari, N., & Nugraheni, S. W. K. (2024). Development of problem based e-comic on the theme of domestic politics on student learning achievement. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 128–141. https://doi.org/10.30659/pendas.11.1.128-141

Jannah, M., & Reinita, R. (2023). Validitas Penggunaan Media Komik Digital dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1095–1104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4870

Kumalasari, F., Putri, Y. H., & Mavilinda, H. F. (2024). Studi netnografi: Manfaat sekolah berbasis alam terhadap kesehatan anak. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 13(2). https://doi.org/10.33221/jikm.v13i02.2619

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2

Lian, F., Gunardi, W., Made, G., Desnanjaya, N., Sudiarsa, W., Komputer, S., & Indonesia, S. (2022). Sistem Pendeteksian Masker dan Hand sanitizer Otomatis Berbasis Raspberry Pi. Journal of Practical Computer Science, 1(2), 12–24. https://doi.org/10.37366/JPCS.V1I2.925

Muyassaroh, M., Nurdiyanto, R., & Rahmawati, L. (2022). Pengembangan Aplikasi Android ‘Ayo Cuci Tangan’ Untuk Mengajarkan Kebersihan Anggota Tubuh Pada Muatan Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 131–138. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1508

Natalia, S., & Anggraeni, S. (2022). No TitleSkrining Kesehatan Anak Sekolah sebagai upaya deteksi Kesehatan sejak dini. Journal of Community Engagement in Health, 5(1), 47–50. https://doi.org/10.30994/jceh.v5i1.340

Pebriani, T. D., Yuliza, E., & Syifah, N. (2022). PHBS Cuci Tangan Mempengaruhi Angka Kejadian Diare. Journal of Nursing Education & Practice, 1(3). https://doi.org/10.53801/jnep.v1i3.57

Pinta, Y., & Yanti, S. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan E-Comic Interaktif Kumbuah Meningkatkan Literasi di Kelas Inklusi. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.31958/je.v4i1.11651

Prihandini, R. M., & Siswati, B. H. (2022). Development of thematic e‑comic based on augmented reality. Journal of Digital Educational Technology, 2(2), ep2205. https://doi.org/10.30935/jdet/12359

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Ramlaah, D., & Yuniarti, D. (2024). Pengembangan media e-komik PHBS pada anak usia dini di TAUD Saqu Cahaya Al Madinah Pontianak. Jurnal Tumbuhkembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 11(1), 70-87. https://doi.org/10.36706/jtk.v11i1.19

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213

Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542

Salim, M., Syairaji, M., Santoso, D., Pramono, A., & Askar, N. (2022). Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada siswa sekolah dasar negeri 2 Samigaluh Kulonprogo. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 19. https://doi.org/10.22146/jp2m.51342

Sari, S. A., & Harahap, N. F. A. (2021). Development of Comic Based Learning on Reaction Rate for Learning to be More Interesting and Improving Student’s Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 151–167. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18852

Setyawan, F. B., & Kusuma, D. P. H. (2024). Pengembangan Media E-Komik Materi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Tentang Pemeliharaan Kesehatan Penyakit Menular Dbd Untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 12(2). https://doi.org/10.35706/judika.v12i2.11108

Sigit, S. D. L., Arif, Z., Ariyanto, A., & Saputro, A. D. (2024). Comic Strip Media as An Innovative Media for Adab Learning. Journal of Educational Technology and Instruction, 3(1), 79–87. https://doi.org/10.70290/jeti.v3i1.62

Supartayasa, I. K. R., & Wibawa, I. M. C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279.

Suryaningsih, A., Puspita Apsari, D., Ni Putu, W., & Barata Putri, W. (2023). Komik Sebagai Media Edukasi PHBS Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19 Di Banjar Oongan Denpasar Timur. UNBI Mengabdi, 2(1), 18–21. https://doi.org/10.34063/um.v2i1.198

Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran IPS Siswa SDN 02 Kelas III Kab. Sambas. Journal Of Scientech Research, 2(2), 061–070. https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSCR/article/view/15

Taib, B., Oktaviani, W., & Ilham, A. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Permulaan Pada Anak Kelompok B Di PAUD Terpadu Alkhairat Skeep. Jurnal Ilmiah, 4(1). https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4393

Udayani, N. K. R. T. K., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Development of E-Comic Learning Media on the Topic of the Human Digestive System. Journal of Education Technology, 5(3), 472–481. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732.

Wardhani, D. K., Susilorini, M. R., Angghita, L. J., & Ismail, A. (2020). Edukasi Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Abdidas, 1(3), 131–136. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.33

Yudha, R. P., & Sepriani, R. (2024). Feasibility Of Electronic Comics For The Introduction Of Clean And Healthy Living Behaviors At Mulya Fajar Kindergarten, Indragiri Hulu Regency. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 3(3), 851–865. https://doi.org/10.58526/jsret.v3i3.438

Diterbitkan

2024-12-30

Terbitan

Bagian

Articles