SENAM IRAMA PADA KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

Penulis

  • Darmawati Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pontianak, Indonesia
  • Sudarti Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pontianak, Indonesia
  • Iin Maulina Universitas Muhammadiyah Pontianak, Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v16i1.5905

Kata Kunci:

Senam Irama, Motorik Kasar, Anak Usia Dini, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Abstrak

Rendahnya kemampuan motorik kasar anak usia dini yang terlihat dari kurangnya koordinasi gerak, keseimbangan, serta kelincahan dalam melakukan aktivitas fisik sehari-hari. Kondisi ini menunjukkan bahwa diperlukan penerapan metode pembelajaran yang menarik dan efektif, seperti senam irama, untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar anak secara optimal. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis senam irama pada kemampuan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok B di salah satu lembaga PAUD. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan senam irama dilakukan secara sistematis dengan memperhatikan karakteristik perkembangan anak usia dini, termasuk pemilihan lagu, gerakan, serta alur kegiatan yang menarik dan edukatif. Pelaksanaan senam irama berlangsung rutin dan melibatkan anak secara aktif melalui gerakan yang sesuai dengan irama musik, yang membantu mengembangkan keseimbangan, koordinasi, kelenturan, dan kekuatan otot anak. Evaluasi dilakukan secara observatif oleh guru dengan memperhatikan proses dan hasil dari partisipasi anak selama kegiatan berlangsung, serta menjadi dasar untuk perbaikan kegiatan selanjutnya

Referensi

Ajat Rukajat, & M. Makbul. (2022). Upaya Tenaga Pendidik Dalam Mempersiapkan Pembelajaran Profesional Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Al-Furqaan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), 241–251. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.361.

Bonita, E., Suryana, E., Hamdani, M. I., & Harto, K. (2022). The Golden Age : Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 218. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537.

Cahyani Kusuma, T., Boeriswati, E., & Supena, A. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 413–420. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.563.

Chantika, B., Dwi, A. W., Dwi, L., & Pagarwati, A. (2024). Analisis Pembelajaran Seni Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Lectura: Journal of Early Childhood Education, 7(2), 79–91. https://doi.org/10.31849/paud-reading.v.

Diantari, N. P. M., & Gede Agung, A. A. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497.

Durrotunnisa, D., Nurhayati, N., & Agusniatih, A. (2024). Pengaruh Media Kotak Huruf untuk Meningkatkan Resiliensi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 367–380. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5618.

Erwanda, D. R., & Sutapa, P. (2023). Pengembangan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3323–3334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4562.

Fitasari, N., & Mustikasari, R. (2023). Pengembangan Kognitif Dengan Eksperimen Sederhana Permen Pelangi pada Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.835

Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 38–49. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.14.

Hudaifah, H., & Mashudi, E. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Eksperimen. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 128–137. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1392.

Ifadah, A. S., Permata, R. D., & Makhmudiyah, N. (2020). Media Audio Dan Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 1(1), 1. https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1581.

Jazilurrahman, J., & Mistina, M. (2023). Pengembangan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Outbound Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain (Kb) Nurul Azhar Aisyiyah Sumber Malang Situbondo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 480–489. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4637.

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59.

Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807–1814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1030.

Mardiana, I. N. (2022). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 182–187. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45821.

Nainggolan, L. L., Simanjuntak, J., Anggraini, E. S., & Virganta, A. L. (2022). Analisis Metode Eksperimen Sains Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Andalan Kecamatan Kerinci T.A 2020/2021. Jurnal Usia Dini, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36187.

Nirmala, A., & Hartono, R. (2023). Keterlibatan Orangtua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Kabupaten Batang. Jurnal Psimawa, 6(1). https://doi.org/10.36761/jp.v6i1.2789.

Nurachadijat, K., & Selvia, M. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam Implementasi Kurikulum dan Metode Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 57–66. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.284.

Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628.

Ratna Dewi, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800.

Salamah, S., Hidayat, R., & Herniawati, A. (2024). Analisis Pembelajaran Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Intisabi, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i2.10.

Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Keterampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779–2790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353.

Sue, Y., D.H, D. P., & Khasanah, I. (2021). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen terhadap kemampuan Anak Usia Dini Dalam Melakukan Analisa Sebab –Akibat. Wawasan Pendidikan, 1(2), 272–282. https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.9150.

Supartini, K., & Ambara, D. P. (2022). Cerita Bergambar Digital Berlandaskan Tri Hita Karana Berbasis Audio Visual untuk Menstimulus Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 111–119. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47166.

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166.

Uswatun, U., Suryani, L., Liza, M. El, & Saputra, N. I. (2022). Analisis Deskriptif Penerapan Model Pembelajaran Bcct Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 26–36. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i1.2425.

Wati, S. G., Sari, A. M., Saputra, A., Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520.

Widihastutik, H., Sujarwo, S., & Cholimah, N. (2023). Perbedaan Kemampuan Motorik Kasar Permainan Tradisional Kucing dan Tikus dengan Permainan Tradisional Menjala Ikan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5410–5417. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5188.

Yoseptry, R., Nuryati, E., & Aisyah, W. S. (2023). Manajemen Sumber Daya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Al-Hidayah Pesanggrahan. Al-Afkar, 6(2), 542–552. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.569.Teacher.

Zahroh, H., Marzuki, K., & Susilawati, S. (2022). Meningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Kucing Dan Tikus. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 203. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i4.27245.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-07

Terbitan

Bagian

Articles