BUKU CERITA BERKUALITAS KEARIFAN LOKAL BALI DALAM BENTUK FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jurnal_ap.v15i1.6047Kata Kunci:
Buku Cerita, Kearifan Lokal Bali, Flipbook, Literasi Budaya, Pendidikan KarakterAbstrak
Rendahnya keterampilan membaca siswa menjadi sebuah permasalahan penting yang harus diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bermuatan kearifan lokal Bali berbasis flipbook sebagai media pembelajaran yang interaktif dan efektif dalam meningkatkan literasi budaya dan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Buku cerita ini dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya Bali, seperti toleransi, gotong royong, dan hubungan harmonis dengan alam, ke dalam pembelajaran yang menarik dan bermakna. Format flipbook dipilih karena kemampuannya menggabungkan elemen visual, audio, dan interaktif, yang memberikan pengalaman belajar lebih menyenangkan dibandingkan dengan media konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa buku cerita berbasis flipbook memiliki kualitas tinggi dalam aspek isi, desain visual, dan efektivitas pembelajaran. Uji coba implementasi di sekolah dasar menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan buku cerita berbasis flipbook mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman materi, motivasi belajar, dan keterampilan literasi budaya dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa buku cerita berbasis flipbook efektif dalam mendukung pembelajaran yang interaktif, meningkatkan literasi budaya, dan membentuk karakter siswa. Dengan mengintegrasikan teknologi digital dan kearifan lokal, media ini memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan pendidikan di era globalisasi
Referensi
Aditya, M. C. P. (2023). Penerapan P5: Kolaborasi Pelajaran Ilmu Sosial Ekonomi Sains Dan Seni Budaya Pada Kurikulum Merdeka. Academy of Education Journal, 14(2), 649–666. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1851
Afifah, S. N., & Chasanatun, F. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Literasi Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.21154/wisdom.v4i2.7481
Ali, M., & Asrial, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 136/I Semangkat Melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i1.19406
Almelhi, A. M. (2021). Effectiveness of the ADDIE Model within an E-Learning Environment in Developing Creative Writing in EFL Students. English Language Teaching, 14(2), 20. https://doi.org/10.5539/elt.v14n2p20
Annabila, S., Sunarni, S., & Juharyanto, J. (2024). Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak: Sumbangan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 6(4), 322. https://doi.org/10.17977/um027v6i42023p322
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Arifin, I. N., Arif, R. M., Arifin, V. M., Juniarti, Y., & Sutisna, I. (2023). Desain Pengembangan E-Modul IPA Materi Kalor Berbasis Flipbook Maker Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIKA, 99–111. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2192
Dewi, C. C. A., Kusuma, J. M., Pahriah, P., & Syahri, W. (2022). Pengembangan Modul Digital pada Materi Struktur Atom untuk Menumbuhkan Literasi Digital Siswa. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 14(2), 84–89. https://doi.org/10.22437/jisic.v14i2.19930
Dewi, I. M., & Setyasto, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Flipbook Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2300–2308. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7030
Fikri, K., Rahma, Y. A., Rahfitra, A. A., & Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak Melalui Gerakan Literasi Membaca di SDN 02 Desa Sri Gading. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.4153
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Guerra-Reyes, F., Guerra-Dávila, E., Naranjo-Toro, M., Basantes-Andrade, A., & Guevara-Betancourt, S. (2024). Misconceptions in the Learning of Natural Sciences: A Systematic Review. Education Sciences, 14(5), 1-23. https://doi.org/10.3390/educsci14050497
Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344
Hartawan, I. N. B., Dirgayusari, A. M., Ni Wayan Suardiati Putri, & Lopez, F. T. M. D. (2024). Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 262–271. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.352
Humairah, L. P., & Wahyuni, S. (2024). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(01), 26–34. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p26-34
Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402
Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., & Puspita, D. (2022). Linguistik Matematika: Suatu Pendekatan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Non-Rutin Secara Matematis. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 118–126. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2142
Mirnawati, L. B., & Fabriya, R. A. V. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837
Ni Made Arini, N. M. A., & Sudatha, I. G. W. (2023). Bahan Ajar Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 623–635. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798
Nurmahanani, I., & Mulyati, Y. (2022). Penerapan Model Sosiokognitif Berbantuan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9432–9439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4080
Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1048
Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.247-254
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984
Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14–28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035
Rahma, Y. A., & Ernawati, T. (2024). Analisis Peran Flipbook Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pembelajaran IPA SMP/MTs. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 231–237. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1399
Rustandi, A. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. JURNAL FASILKOM, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Sapri, Muhaini, A., & Zunidar. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4107–4116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2495
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138
Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832
Sulfayanti, N. (2023). Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 382–388. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590
Sumarsono, L. M. A., & Anggaryani, M. (2022). Pengembangan E-book Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11(2), 24–32. https://doi.org/10.26740/ipf.v11n2.p24-32
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021a). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021b). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual Terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514
Trisna, A. S., Wahyudin, D., Rusman, R., Riyana, C., & Pragholapati, A. (2022). Kurikulum Kearifan Lokal Bali Berbasis Heutagogy di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES, 5(1), 122–135. https://doi.org/10.31539/joes.v5i1.3475
Ulfah Mawaddah, F., Safrina, R., & Hapidin, H. (2023). Buku Cerita Bergambar Digital “Baso dan Pinisi yang Rusak” untuk Meningkatkan Literasi Budaya Maritim Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 222–237. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.312
Wahyuni, L. T. S., Lestari, N. A. P., Dharma, I. M. A., Lasmawan, I. W., & Suastra, I. W. (2023). Eksistensi Kearifan Lokal Bali Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(3), 666. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7573
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728– 3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Yanti, M., Nasrah, S., & Pratiwi, R. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas Viii Smps Raudhatul Fuqara. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 119–128. https://doi.org/10.29103/jk.v2i1.4678
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Komang Suryani, Ida Bagus Putrayasa, I Nyoman Sudiana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








