Kontribusi Kepemimpinan Pelayan, Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMK Bali Dewata Denpasar

  • N.K.B.S.S. Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • D.G.H. Divayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Kepemimpinan Pelayan, Status Sosial Ekonomi, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar

Abstrak

Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dinilai pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi kepemimpinan pelayan, status sosial ekonomi keluarga dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut peneiliti menggunakan pendekatan ex-post facto dengan sampel penelitian 79 orang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan bahwa (1) Terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan pelayan terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif 47,89%, (2) Terdapat kontribusi yang signifikan status sosial ekonomi keluarga terhadap pestasi belajar dengan sumbangan efektif 9,59%, (3) Terdapat kontribusi yang signifikan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar dengan sumbangan efektif 29,92%, (4) Terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama kepemimpinan pelayan, status sosial ekonomi keluarga dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 87,40%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan pelayan, status sosial ekonomi keluarga dan motivasi berprestasi berkontribusi signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan demikian ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor terhadap prestasi belajar siswa di SMK Bali Dewata Denpasar.

Referensi

Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing

Aneke, A.S. 2017. Servant Leadership Model Kepemimpinan Kontemporer Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Vol.2 No.1, 75-82.

Chotimah, L.N. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Jember. Artikel Jurnal Kependidikan. Diunduh dari https://file//Users/User/5004-505-9880-1-10-20170718

Putra, I.G.P.P. 2013. Kontribusi Gaya Kepemimpinan pelayan, Motivasi berprestasi, dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Prestasi belajar siswa. Penelitian Studi terhadap Guru SMA di Kabupaten Karangasem. Tidak diterbitkan.

Huda, N. 2017. Pengaruh Minat Belajar terhadap Minat Belajar Mahasiswa STKIP Oku Sumatra Selatan. Artikel Jurnal Penelitian Pendidikan. Diunduh dari https://media.neliti.com/ media/publication/168580

Sari, H. 2016. Kepemimpinan yang Melayani di Sekolah Menengah Tingkat Atas Swasta Kota Salatiga. Artikel Penelitian Pendidikan. Diunduh dari https: ://www.researchgate.net/ publication/315326439.

Syafi’I, A. 2018. Prestasi Belajar Siswa Dari Berbagai Aspek Dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Pendidikan. Vol.2 No.2.

Wibowo, D.H. 2015. Motivasi Berprestasi Dalam Kaitannya Dengan Kinerja Guru. Artikel Jurnal Penelitian Pendidikan. Diunduh dari https://www.research gate.net/publication.

Diterbitkan
2021-12-30
Bagian
Articles