Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2020/2021

  • L.H.K. Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.K.A. Sunu Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.N. Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan keseluruhan siswa XI Mipa 2 berjumlah 35 orang pada SMA Negeri 1 Sawan. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan respon pada link soal google form dan rubrik penilaian diskusi kelompok.Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif statistika deskriptif dengan mencari rata-rata, daya serap, ketuntasan klasikal hasil belajar kelas.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada keadaan awal rata-rata prestasi belajar 60,49 dengan kentuntasan belaja 25,71% dan pada siklus I mencapai nilai rata-rata 72,79 dengan kentuntasan belajar 82,86% serta pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,46 dengan ketuntasan belajar 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi kelas XI Mipa 2 di SMA Negeri 1 Sawan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Referensi

Arends. (1997). Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstuktivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.
Kemdikbud. (2014). Permendikbud No. 103 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2014. Jakarta: Kemdikbud
Khasanah, Uswatun. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Tersedia Pada https://eprints.uny.ac.id/61362/1/14803241060_Uswatun%20Khasanah_Skripsi.pdf (diakses Tanggal 4 mei 2021, pukul 22:28).
Prabaningrum, Titis. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016. Tersedia Pada https://media.neliti.com/media/publications/165033-ID-none.pdf (diakses tanggal 6 Mei 2021, pukul 21:07).
Rusman. 2011. Model-model pembelajaran pengembangan Propesionalisme guru. Bandung: Grafindo Persada.
Ristanti, Triana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar kompetensi dasar persediaan siswa kelas XI AK 1 SMK YPE Sawunggalih Tahun Ajaran 2016/2017. Tersedia padahttps://eprints.uny.ac.id/52319/1/SKRIPSI_TRIANA%20RISTANTI_13803241029.pdf (diakses tanggal 6 Mei 2021, pukul 21:43).
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Diterbitkan
2021-10-01
Bagian
Articles