Kontribusi Kepemimpinan Authentic, Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Kuta Utara

  • H. Claranzia Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.G. Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci: Kepemimpinan Authentic, Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri, Komitmen Organisasional, Kinerja Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besaran kontribusi kepemimpinan authentic terhadap kinerja guru, (2) besaran kontribusi kecerdasan emosional terhadap kinerja guru, (3) besaran kontribusi efikasi diri terhadap kinerja guru, (4) besaran kontribusi komitmen organisasional terhadap kinerja guru, (5) besaran kontribusi kepemimpinan authentic, kecerdasan emosional, efikasi diri, dan komitmen organisasional secara simultan terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Kuta Utara. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 70 orang guru, dengan jumlah sampel sebesar 70 orang guru. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan model skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, korelasi sederhana, korelasi parsial, korelasi ganda, regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat: (1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kepemimpinan authentic terhadap kinerja dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,797 (ryx1), koefisien korelasi parsial sebesar 0,377 (ry.x1-x2,3,4) dan kontribusi kepemimpinan authentic terhadap kinerja sebesar 22,15%, (2) terdapat korelasi positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,816 (ryx2), koefisien korelasi parsial sebesar 0,312 (ry.x2-x1,3,4) dan kontribusi kecerdasan emosional terhadap kinerja sebesar 21,37%, (3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kinerja dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,866 (ryx3), koefisien korelasi parsial sebesar 0,350 (ry.x3-x1,2,4) dan kontribusi efikasi diri terhadap kinerja sebesar 30,74%, (4) terdapat korelasi positif dan signifikan antara komitmen organisasional terhadap kinerja dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,551 (ryx4), koefisien korelasi parsial sebesar 0,286 (ry.x4-x1,2,3) dan kontribusi komitmen organisasional terhadap kinerja sebesar 7,98%, dan (5) Secara simultan terdapat korelasi positif dan signifikan antara kepemimpinan authentic, kecerdasan emosional, efikasi diri, dan komitmen organisasional dengan koefisien korelasi ganda Ry.1234 sebesar 0,907 dan kontribusi secara simultan kepemimpinan authentic, kecerdasan emosional, efikasi diri, dan komitmen organisasional dengan kinerja sebesar 82,2%

Referensi

Andi Priadi.2018. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Semarak, Vol. 1, No.3, Oktober 2018, Hal (62-77) P-ISSN 2615-6849 E-ISSN 2622-3686. Diakses dari laman http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/smk/article/view/2260/1855

Daryadi, Hesti. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Authentic dan Partisipasi Guru Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Kinerja Sekolah Dasar Di Kabupaten Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari laman

http://repository.upi.edu/id/eprint/29935

Farida, S. I., Iqbal, M., & Kurniasih, A. 2016. Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Serta Implikasinya Pada Kepuasan Kerja. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(1), 121-134. Diakses dari laman https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/9576

Hashemi, S. A., Kimiaie, A., & Hashemizadeh, S. M. 2014. Title: The relationship between emotional intelligence and self-efficacy and academic performance of students. World Essays Journal, 1(2), 65–70.

Haq, Nuzilal., Tolkhah, Imam., dan Amie Primarni. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada Guru di Gugus IV Gunung Sari Kecamatan Pamijahan). RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal. Vol 1 No 2 (2019). Diakses dari laman https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/108/84

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. 2020. Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 12(2), 154-159.

Renata, R., Wardiah, D., & Kristiawan, M. 2018. The Influence of Headmaster’s Supervision and Achievement Motivation On Effective Teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(4).

Suarniti, L., dkk. 2020. Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia Vol. 11 No. 2 Th. 2020 (159-168). Diakses dari laman https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/3189/1843

Supardi, D. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo

Supardi, D. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Walumbwa, F.O., Avolio, B.J., Gardner, W.L., Wernsing, T.S. & Peterson, S.J. 2008.Authentic leadership: Development and validation of a theory-based measure. Journal of Management, 34(1), 89 – 126. doi:10.1177/0149206307308913.

Werang, B.R., A.A Gede Agung., Seli Marlina R L., Mozes M.W., Berlinda S.Y., Sandra I.A. 2021. Indonesian teachers’ emotional exhaustion and commitment to teaching: A correlational study. Cypriot Journal of Educational Sciences, Volume 16, Issue 2, (2021) 522-531. Diakses https://un-pub.eu/ojs/index.php/cjes/article/view/5631

Diterbitkan
2022-06-30
Bagian
Articles